Baca Juga

Pengertian Kecerdasan Spiritual 
Kecerdasan (dalam bahasa Inggris disebut intelligence dan hahasa Arab disebut al-dzaka`) menurut arti bahasa adalah pemahaman, kecepatan, dan kesempurnaan sesuatu. Dalam arti, kemampuan (alqudrah) dalam memahami sesuatu secara cepat dan sempurna. Begitu cepat penangkapannya itu sehingga Ibnu Sina, seorang psikolog falsafi, menyebut kecerdasan sebagai kekuatan intuitif (al-badlsj (Mujib, 2001). 

Binet ketika mengadakan tes kecerdasan individual menekankan pada masalah penalaran, imajinasi, wawasan (irrsight), pertimbangan, dan daya penyesuaian sebagai proses mental yang tercakup dalam tingkah laku kecerdasan. Namun pada penelitian yang, lain, pengukuran kecerdasan ditekankan pada kemampuan penyesuaian diri secara cepat dan efektif terhadap situasi yang baru. Penelitian yang berbeda memberikan penekanan pada kemampuan memecahkan masalah-masalah abstrak. 

Berdasarkan hasil penelitian di atas, J.P. Chaplin (1999) kemudian merumuskan tiga definisi kecerdasan, yaitu: 
  1. Kemampuan menghadapi dan menyesuaikan diri terhadap situasi baru secara cepat dan efektif; 
  2. Kemampuan menggunakan konsep abstrak secara efektif, yang meliputi empat unsur, seperti memahami, berpendapat, mengontrol, dan mengritik; dan 
  3. Kemampuan memahami pertalian-pertalian dan belajar dengan cepat sekali 
Dalam pengertian yang lebih luas, William Stern, yang dikutip oleh Crow and Crow (1984), mengemukakan bahwa inteligensi berarti kapasitas umum dari seorang individu yang dapat dilihat pada kesanggupan pikirannya dalam mengatasi tuntutan kebutuhan-kebutuhan baru, keadaan ruhaniah secara umum yang dapat disesuaikan dengan problema-problema dan kondisi-kondisi yang baru di dalam kehidupan. Pengertian ini tidak hanya menyangkut dunia akademik, tetapi lebih luas, menyangkut kehidupan non-akademik, seperti masalah-masalah artistik dan tingkah laku sosial. 

Pada mulanya, kecerdasan hanya berkaitan dengan kemampuan struktur akal (intellect) dalam menangkap gejala sesuatu, sehingga kecerdasan hanva hersentuhan dengan aspek-aspek kognitif (al-majal al- ma'rifi). Namun pada perkembangan berikutnya, disadari hahwa kehidupan manusia bukan semata-mata memenuhi struktur akal, melainkan terdapat struktur kalbu yang perlu mendapat tempat tersendiri untuk menumbuhkan aspek-aspek afektif (al-majal al-infi'ali), seperti kehidupan emosional, moral, Spiritual, dan agama. Karena itu, jenis-jenis kecerdasan pada diri seseorang sangat beragam seiring dengan kemampuan atau potensi yang ada pada dirinya. 

Topik ini lebih memfokuskan pada penelaahan kecerdasan Spiritual (Spiritual intelligence) Karena sebuah dimensi yang tidak kalah pentingnya didalam kehidupan manusia bila dibandingkan dengan kecerdasan emosional, karena kecerdasan emosional lebih berpusat pada rekonstruksi hubungan yang bersifat horizontal (sosial), sementara itu dimensi kecerdasan Spiritual bersifat vertikal yang sering disebut dengan kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient), Danah Zohar dan Marshall (Najati, 2002) sebagai pengembang pertama tentang kecerdasan Spiritual tapi mereka masih berkisar pada wilayah biologis dan psikologis. Lebih lanjut diterangkan di Najati (2002) Danah dan Ian Marshall mendefinisikan kecerdasan Spiritual adalah kecerdasan untuk menghadapi persoalan makna atau value, yaitu kecerdasan inti menempatkan perilaku dan hidup kita dalam konteks makna yang lebih luas dan lebih kaya, kecerdasan untuk menilai bahwa tindakan atau jalan hidup seseorang lebih bermakna dibandingkan dengan yang lain. 

Kecerdasan Spiritual adalah landasan yang diperlukan untuk memfungsikan IQ dan EQ secara efektif, bahkan kecerdasan Spiritual merupakan kecerdasan tertinggi manusia. Sebelum membicarakan lebih jauh tentang kecerdasan Spiritual disini akan diterangkan sedikit tentang agama adalah salah satu kebutuhan manusia. Manusia disebut sebagai mahluk yang beragama (homo religious) Yamani (dalam Jalaludin, 2002) mengemukakan tatkala Allah membekali insan itu dengan nikmat berpikir dan daya penulisan, diberikan pula rasa bingung dan bimbang untuk memahami dan belajar mengenai alam sekitarnya sebagai imbangan atas rasa takut terhadap kegarangan dan kebengisan alam itu. 

Dalam ajaran agama Islam bahwa adanya kebutuhan terhadap agama disebabkan manusia selaku mahluk Tuhan yang dibekali dengan berbagai potensi (fitrah) yang dibawa sejak lahir. Salah satu fitrah itu adalah kecenderungan terhadap agama, dan ini sesuai dengan firman Allah SWT. Sebagai berikut: 
Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Allah). Tetapkanlah atas fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrahnya. (QS-al-Rum:30) 

Prof. Dr. Hasan Laggulung (dalam Jalaludin, 2002) menyatakan “ Salah satu ciri fitrah ini adalah, bahwa manusia menerima Allah sebagai Tuhan,dengan kata lain, manusia itu adalah dari asal mempunyai kecenderungan beragama, sebab agama itu sebagian dari fitrah-Nya”Tasmara (2001) Mengatakan kecerdasan ruhaniah sangat erat kaitannya dengan cara dirinya mempertahankan prinsip lalu bertangung jawab untuk melaksankan prinsipprinsipnya itu dengan tetap menjaga keseimbangan dan melahirkan nilai manfaat yang berkesesuaian. 

Prinsip merupakan fitrah paling mendasar bagi harga diri manusia. Nilai takwa atau tanggung jawab merupakan ciri seorang profesional. Mereka melangar prinsip dan menodai hati nurani merupakan dosa kemanusiaan yang paling ironis. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Gandhi (Tasmara, 2001), yang membuat daftar tujuh dosa orang-orang yang menodai prinsip atau nuraninya sebagai berikut:
  1. Kekayaan tanpa kerja (wealth Without work). 
  2. Kenikmatan tanpa suara hati (pleasure without conscience). 
  3. Pengetahuan tanpa karakter (knowledge without caracter). 
  4. Perdagangan tanpa etika (moral) (commerce without morality). 
  5. Ilmu pengetahuan tanpa kemanusiaan (science without humanity). 
  6. Agama tanpa pengorbanan (religion without sacrifice). 
  7. Politik tanpa prinsip (politic without principle). 

Tujuh dosa itu dapat saja menjadi lebih panjang misalnya, mengaku Islam tapi sikapnya tidak Islami, tidak mendirikan salat, tidak ikhlas dalam membantu sesama. Suharsono (dalam Tasmara,2001) mengatakan kecerdasan spritual dari sudut pandang keagamaan ialah suatu kecerdasan yang berbentuk dari upaya menyerap kemahatahuan Allah dengan memanfaatkan diri sehingga diri yang ada adalah Dia Yang Maha Tahu dan Maha Besar. Spiritual merupakan pusat lahirnya gagasan, penemuan, motivasi, dan kreativitas yang paling fantastik. Sementara Tasmara (2001). 

Mengatakan kecerdasan ruhaniah adalah kecerdasan yang paling sejati tentang kearifan dan kebenaran serta pengetahuan Ilahi. Kecerdasan ini dapat menimbulkan kebenaran yang sangat mendalam terhadap kebenaran, sedangkan kecerdasan lainya lebih bersifat pada kemampuan untuk mengelola segala hal yang berkaitan dengan bentuk lahiriah (duniawi). Oleh sebab itu mujib (2001) mendefinisikan kecerdasan Spiritual sebagai “kecerdasan qalbu yang berhubungan dengan kualitas batin seseorang. Kecerdasan ini mengarahkan seseorang untuk berbuat lebihmanusiawi, sehingga dapat menjangkau nilai-nilai luhur yang mungkin belum tersentuh oleh akal fikiran manusia”

Oleh karena itulah, dapat dikatakan bahwa setiap niat yang terlepas dari nilai-nilai kebenaran Ilahiah, merupakan kecerdasan duniawi dan fana (temporer), sedangkan kecerdasan ruhaniah qalbiyah bersifat autentik, universal, dan abadi. Kecerdasan ruhaniah merupakan inti dari seluruh kecerdasan yang dimilki manusia karena kecerdasan ruhaniah dapat mempengaruhi perkembangan berapa kecerdasan yang lain diantranya yaitu: 
a. Kecerdasan Intlektual. 
b. Kecerdasan Emosional. 
c. Kecerdasan Sosial. 
d. Kecerdasan Physical. 

Pada gambar berikut dapat terlihat bagaimana peran kecerdasan ruhaniah atau kecerdasan Spiritual dari Tasmara (2001) menjadi puasat atau inti dari seluruh kecerdasan yang dimilik oleh seseorang.
Gambar Kecerdasan Ruhaniah Menurut Tosmara (2001)

Aspek-Aspek kecerdasan Spiritual 
a. Shiddiq 
 Salah satu dimensi kecerdasan ruhaniah terletak pada nilai kejujuran yang merupakan mahkota kepribadian orang-orang mulia yang telah dijanjikan Allah akan memperoleh limpahan nikmat dari-Nya. Seseorang yang cerdas secara ruhaniah, senantiasa memotivasi dirinya dan berada dalam lingkungan orang-orang yang memberikan makna kejujuran, sebagai mana firma-Nya : 
“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah kamu bersama orang-orang yangbenar( jujur)”. (At-Taubah:119) 

Shiddiq adalah orang benar dalam semua kata, perbuatan, dan keadaan batinya. Hati nuraninya menjadi bagian dari kekuatan dirinya karena dia sadar bahwa segala hal yang akan mengganggu ketentraman jiwanya merupakan dosa.Dengan demikian, kejujuran bukan datang dari luar, tetapi ia adalah bisikan dari qalbu yang secara terus menerus mengetuk-ngetuk dan memberikan percikan cahaya Ilahi. Ia merupakan bisikan moral luhur yang didorong dari hati menuju kepada Ilahi (mahabbah lilllah). Kejujuran bukan sebuah keterpaksaan, melainkan sebuah pangilan dari dalam (calling from withim) dan sebuah keterikatan (commitment, aqad, i‟tiqad)

Perilaku yang jujur adalah prilaku yang diikuti dengan sikap tanggung jawab atas apa yang diperbuatnya, karena dia tidak pernah berfikir untuk melemparkan tanggung jawab kepada orang lain, sebab sikap tidak bertanggung jawab merupakan pelecehan paling azasi terhadap orang lain, serta sekaligus penghinaan terhadap dirinya sendiri. Kejujuran dan rasa tanggung jawab yang memancar dari qalbu, merupakan sikap sejati manusia yang bersifat universal, sehingga harus menjadi keyakinan dan jati diri serta sikapnya yang paling otentik, asli, dan tidak bermuatan kepentingan lain, kecuali ingin memberikan keluhuran makna hidup. 

Dalam usaha untuk mencaSpiritual sifat Shiddiq seseorang harus melalui beberapa hal diantranya adalah : 
  1. Jujur pada diri sendiri Salah satu contoh jujur pada diri sendiri adalah pada saat seseorang melakukan sholat, begitu taat dan bersungguh-sungguh untuk mengikuti seluruh proses sejak dari takbir samSpiritual salam, ritual sholat telah melahirkan nuansa kejujuran dan melaksanakan seluruh kewajiban dengan penuh tanggung jawab, bagi orang-orang yang shiddiq, esensi sholat tidak berhenti samSpiritual ucapan assalamu‟alaikum, tetapi justru ucapan itu merupakan awal bagi dirinya untuk membuktikan hasil sholatnya dalam kehidupan secara aktual dan penuh makna manfaat. 
  2. Jujur pada orang lain Sikap jujur pada orang lain berarti sangat prihatin melihat penderitaan yang dialami oleh mereka. Sehingga, seseorang yang shiddiq mempunyai sikap dan mempunyai jiwa pelayanan yang prima (sense of steweardship). Maka, tidak mungkin seseorang merasa gelisah berada bersama-sama dengan kaum shiddiqiin karena mereka adalah sebaikbaiknya teman yang penyantun dan penyayang serta direkomendasikan Allah. Tidak mungkin para shiddiqiin itu akan mencelakakan orang lain karena didalam jiwanya hanya ada kepedulian yang amat sangat untuk memberikan kebaikan. 
  3. Jujur terhadap AllahJujur terhadap Allah berarti berbuat dan memberikan segala-galanya atau beribadah hanya untuk Allah, hal ini sebagaimana didalam doa iftitah, seluruh umat Islam menyatakan ikrarnya bahwa sesungguhnya sholat, pengorbanan, hidup, dan mati mereka hanya diabadikan kepada Allah Yang Mahamulia, penyataan ini merupakan komitmen yang secara terus-menerus harus diperjuangkannya agar tidak keluar atau menyimpang dari arah yang sebenarnya. Itulah sebabnya didalam Al-Qur’an banyak ditemukan kata shirath, syai‟ah, thariqah, sabil, dan minhaj, yang semuanya memberikan makna dasar” jalan “. 
  4. Menyebarkan salamSalam tidak hanya memberikan pengertian selamat, tetapi mempunyai kandungan bebas dari segala ketergantungan dan tekanan, sehingga hidupnya terasa damai, tenteram dan selamat, karena itu setiap muslim akan mengucapkan salam setiap akhir sholat, seakan-akan mereka ingin membuktikan bahwa hasil audensinya dengan Allah akan dinyatakannyan secara nyata dan aktual dalam kehidupnya, yaitu ikut berpartisipasi dari dirnya sendiri merupakan bagian dari salam tersebut. Dengan demikian, makna salam merupakan benang merah dan indentitas paling monumental yang menjadi misi dan hiasan kepribadian serta sikap dan prilaku seorang muslim. 
b. Istiqamah 
Istiqamah diterjemahkan sebagai bentuk kualitas batin yang melahirkan sikap konsisten (taat azas) dan teguh pendirian untuk menegakkan dan membentuk sesuatu menuju pada kesempurnaan atau kondisi yang lebih baik, sebagai mana kata taqwin merujuk pula pada bentuk yang sempurna(qiwam)
Maka tetaplah kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang Telah Taubat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. 

Abu Ali ad-Daqqaq (Tasmara, 2001) berkata ada tiga derajat pengertian istiqamah, yaitu menegakkan atau membentuk sesuatu (taqwim), menyehatkan dan meluruskan (iqamah), dan berlaku lurus (istiqamah), takwim menyangkut disiplin jiwa, Iqamah berkaitan dengan penyempurnaan, dan istiqamah berhubungan dengan tindakan pendekatan diri kepada Allah. 

Sikap istiqamah menunjukkan kekuatan iman yang merasuki seluruh jiwanya, sehingga dia tidak mudah goncang atau cepat menyerah pada tantangan atau tekanan, mereka yang memiliki jiwa istiqamah itu adalah tipe manusia yang merasakan ketenanggan luar biasa (iman, aman, muthmainah) walau penampakannya diluar bagai orang yang gelisah. Dia meresa tenteram karena apa yang dia lakukan merupakan rangkaian ibadah sebagai bukti “yakin” kepada Allah SWT.dan Rasul-Nya. 

Sikap istiqamah ini dapat terlihat pada orang-orang : 
1. Mempunyai Tujuan 
Sikap istiqamah hanya mungkin merasuki jiwa seseorang bila mereka mempunyai tujuan atau ada sesuatu yang ingin dicaSpiritual. Mereka mempunyai visi yang jelas dan dihayatinya sebagai penuh kebermaknaan, mereka pun sadar bahwa pencaSpiritualan tujuan tidaklah datang begitu saja, melainkan harus diperjuangkan dengan penuh dengan kesabaran, kebijakan, kewaspadaan, dan perbuatan yang memberikan kebaikan semata. 

2. Kreatif 
Orang yang memilki sifat istiqamah akan tanpak dari kretivitasnya, yaitu kemampuan untuk mengahasilkan sesuatu melalui gagasan-gagasannya yang segar, mereka mampu melakukan deteksi dini terhadap permasalahan yang dihadapinya, haus akan imformasi, dan mempunyai rasa ingin tahu yang besar (curiousity) serta tidak takut pada kegagalan. 

3. Menghargai Waktu 
Waktu adalah aset Ilahiyah yang paling berharga, bahkan merupakan kehidupan itu yang tidak dapat disia-siakan, Sungguh benar apa yang difirmankan Allah agar kita memperhatikan waktu („ashar). Rasulullah saw. Bersabda, “Jangan mencerca waktu karena Allah pemilik waktu.” (HR Ahmad). Disamping menunjukkan waktu ketika matahari telah melampaui pertengahan atau menuju ke magrib, kata ashar berasal dari kata ashara yang artinya memeras sesuatu sehingga tidak lagi ada yang tersisa dari benda yang diperas tersebut’, Hal ini sebagai mana terdapat dalam surah Yusuf ayat 36 : 
Dan bersama dengan dia masuk pula ke dalam penjara dua orang pemuda. berkatalah salah seorang diantara keduanya: "Sesungguhnya Aku bermimpi, bahwa Aku memeras anggur." dan yang lainnya berkata: "Sesungguhnya Aku bermimpi, bahwa Aku membawa roti di atas kepalaku, sebahagiannya dimakan burung." berikanlah kepada kami ta'birnya; Sesungguhnya kami memandang kamu termasuk orang-orang yang pandai (mena'birkan mimpi). 

4. Sabar 
Sabar merupakan suasana batin yang tetap tabah, istiqamah pada awal dan akhir ketika menghadapi tantangan, dan mengemban tugas dengan hati yang tabah dan optimis, sehingga dalam jiwa orang yang sabar tersebut terkandung beberapa hal yang diantaranya sebagai berikut, menerima dan menghadapi tantangan dengan tetap konsisten dan berpengharapan, berkeyakinan Allah tidak akan memberikan beban diluar kemampuanya. Mereka tetap mengendalikan dirinya dan mampu melihat sesuatu dalam perspektif yang luas, tidak hanya melihat apa yang tanpak, tetapi melihat sesuatu dalam kaitanya dengan yang lain. 

c. Fathanah 
Fathanah diartikan sebagai kemahiran, atau penguasaan terhadap bidang tertentu, pada hal makna fathanah merujuk pada dimensi mental yang sangat mendasar dan menyeluruh. Seorang yang memilki sikap fathanah, tidak hanya menguasai bidangnya saja begitu juga dengan bidang-bidang yang lain, Keputusan-keputusanya menunjukkan warna kemahiran seorang profesional yang didasarkan pada sikap moral atau akhlak yang luhur, memilki kebijaksanaan, atau kearifan dalam berpikir dan bertindak. 

d. Amanah 
Amanah menjadi salah satu dari aspek dari ruhaniah bagi kehidupan manusia, seperti halnya agama dan amanah yang dipikulkan Allah menjadi titik awal dalam perjalanan manusia menuju sebuah janji. Janji untuk dipertemukan dengan Allah SWT, dalam hal ini manusia dipertemukan dengan dua dinding yang harus dihadapi secara sama dan seimbang antara dinding jama’ah didunia dan dinding kewajiban insan diakhirat nanti. Sebagai mahluk yang paling sempurna dari ciptaan Allah SWT dibandingkan dengan mahluk yang lain, maka amanah salah satu sifat yang dimilki oleh manusia sebagai khalifah dimuka bumi. 

Didalam nilai diri yang amanah itu ada beberapa nilai yang melekat : 
  1. Rasa ingin menunjukkan hasil yang optimal. 
  2. Mereka merasakan bahwa hidupnya memiliki nilai, ada sesuatu yang penting. Mereka merasa dikejar dan mengejar sesuatu agar dapat menyelesaikan amanahnya dengan sebaik-baiknya. 
  3. Hidup adalah sebuah proses untuk saling mempercayai dan dipercayai. 
e. Tablig 
Fitrah manusia sejak kelahirannya adalah kebutuhan dirinya kepada orang lain. Kita tidak mungkin dapat berkembang dan survive kecuali ada kehadiran orang lain. Seorang muslim tidak mungkin bersikap selfish, egois, atau ananiyah‟ hanya mementingkan dirinya sendiri’. Bahkan tidak mungkin mensucikan dirinya tanpa berupaya untuk menyucikan orang lain. Kehadirannya di tengah-tengah pergaulan harus memberikan makna bagi orang lain bagaikan pelita yang berbinar memberi cahaya terang bagi mereka yang kegelapan. 

Mereka yang memilki sifat tabliq mampu membaca suasana hati orang lain dan berbicara dengan kerangka pengalaman serta lebih banyak belajar dari pengalaman dalam menghadapi persoalan-persoalan hidup. Berdasarkan kelima aspek-aspek kecerdasan ruhaniah dari Tasmara (2001) maka dapat membuat disimpulkan, bahwa kecerdasan Spiritual adalah kemampuan atau kapasistas seseorang untuk pengunaan nilai-nilai agama baik dalam berhubungan secara vertikal atau hubungan dengan Allah SWT (Hab lum minallah) dan hubungan secara horizontal atau hubungan sesama manusia (Hab lim min‟nan nas) yang dapat dijadikan pedoman suatu perbuatan yang bertangung jawab didunia maupun diakhirat. 

Dengan kata lain Kecerdasan Spritual dimana kondisi seseorang yang telah dapat mendengar suara hati karena pada dasarnya suara hati manusia masih bersifat universal, tapi apa bila seseorang telah mampu memunculkan beberapa sifat-sifat dari Allah yang telah diberikan-Nya kepada setiap jiwa manusia dalam bentuk yang fitrah dan suci maka akan memunculkan sifat takwa/