Baca Juga

Pengertian statitik menurut para ahli 
Menurut Hadi (1981) berpendapat “statistik adalah cara untuk mengolah data dan menarik kesimpulan-kesimpulan yang teliti dan keputusan-keputusan yang logik dari pengolahan data”.

Menurut pendapat Irianto (2004) “statistik adalah sekumpulan cara maupun aturan-aturan yang berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan (Analisis), penarikan kesimpulan, atas data-data yang berbentuk angka dengan menggunakan suatu asumsi-asumsi tertentu”.

Menurut Random House College Dictionary dalam Kuncoro (2004) statistik didefinisikan sebagai “ilmu data, yang meliputi pengumpulan, pengklasifikasian, rangkuman, pengorganisasian, penganalisaan dan penginterpretasian informasi dalam bentuk angka”

Berdasarkan pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis sebuah data yang menghasilkan sebuah kesimpulan. Singkatnya, statistik adalah data, informasi, atau hasil pada suatu data.

STATISTIKA PENDIDIKAN
Statistik Pendidikan adalah Ilmu Pengetahuan yang membahas atau mempelajari dan mengembangkan prinsip – prinsip, metode dan prosedur yang perlu digunakan dalam rangka pengumpulan data, penyajian , penganalisaan bahan keterangan yang berwujud angka mengenai hal – hal yang berkaitan dengan pendidikan dan penarikan kesimpulan , pembuatan perkiraan secara ramalan serta ilmiah.

Contohnya seorang guru baru bisa menyatakan seorang siswa berprestasi atau tidak bisa dilihat dari Rapornya. Rapor diciptakan berdasarkan nilai nilai selama satu semester digabung menjadi satu. Disusun dan dihitung dengan sedemikian rupa yag menghasilkan satu kesimpulan, si anak tersebut berprestasi atau tidak.

STATISTIK SOSIAL
Statistika Sosial adalah sebuah riset ilmiah bidang ilmu sosial yang menggunakan metode, teori dan konsep bidang ilmu sosial yang dapat berfungsi untuk memberikan pemahaman akan proses sosial dan permasalahan yang ada didalamnya baik individu maupun kelompok didalam masyarakat. Biasanya riset ini dilakukan oleh para arkeolog, sosiog, psikilog, dan pengamat politik

PERANAN STATISTIK
Peranan statistika
 Statistik memungkinkan pencatatan secara lengkap dari data penyelidikan
 Statistik memampukan seorang peneliti untuk bekerja secara berurutan dari awal sampai akhir
 Statistic memberikan landasan untuk meramalkan secara ilmiah tentang bagaimana sesuatu gejala akan terjadi dalam kondisi-kondisi yang telah diketahui
 Statistic memungkinkan peneliti menganalisa, menguraikan sebab akibat yang kompleks dan rumit yang tanpa statistic akan merupakan persoalan yang membingungkan serta kejadian yang tak teruraikan

DATA STATISTIK DAN DATA STATISTIK PENDIDIKAN
1. Pengertian Data Statistik
Data statistik adalah data yang berwujud angka atau bilangan.dengan kata lain,bahan mentah bagi stistik adalah angka atau bilangan.tidak semua angka dapat disebut satatisttik angka itu harus memenuhi prsyaratan tertentu,angka itu harus memenuhi atau menunjukan suatu cirri dari suatu penilian secara agregatif.penilaian yang bersifat agregatif artinya:
 Bahwa penilaian itu boleh hanya mengenai satu indipidu saja,akan tetapi pencatatan harus dilakukan lebih dari satu kali.
 Bahwa penelitian atau perencanaan hanya dilakukan satu kali saja,tetapi individu yang diteliti harus lebih dari satu

2. Penggolongan Data Statistik
Pengolongan data satatistik berdasarkan sifatnyaDitinjau dari segi sifat angkanya,data statistik dapat dibedakan menjadi dua golongan yaitu:
 Data kontinyuialah data statistik yang anga angkanya merupakan deretan angka yang sambung menyambung.
 Data diskrit,ialah data statistik yang tidak mungkin berbentuk pecahan

Pengolongan data statistik berdasarkan cara menyusun angka.
Ditinjau dari segi cara menyusun angkanya data statistik dapat dibagi menjadi tiga macam,yaitu:
 Data nominal,ialah data statistik yang cara menyun angkanya didasarkan atas pengolongan atau klasifikasitertentu.
 Data oridinal,juga disebut data urutan,yaitu data statistik yang cara menyusun angkanya berdasarkan urutan nya.
 Data interval,ialah data statistik dimana terdapat jarak yang sama diantara hal-hal yang sedang diselidiki atau dipersoalkan.

Pengolongan data statistik berdasarkan bentuk angkanya.
Ditinjau dari segi angkanya,data statistik dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu:
 Data tunggal,ialah data statistik yang masing-masing angka merupakan satu unit,dengan kata lain data tungal adalah data statistik yang angjka angkanya tidak dikelompok-kelompokan.
 Data kelompokan ialah data statistik yang tiap-tiap unit terdiri dari kelompok angka.

Pengolongan data statistik berdasarkan sumbernya.
Ditinjau dari segi sumbernya (sumber dimana data angka itu diperoleh) data statistik dapat dibedakan menjadi dua macam:
 Data primer,adalah data statistik yang diperoleh atu bersumber dari tangan pertama (first hand data).
 Data skunder,adalah data statistik yang diperoleh atau bersumber dari tangan keduaa(scond hand data).

Penggolongan data statistik berdasarkan waktu pengumpulannya.
Ditinjau dari segi waktu pengumpulannya data statistik dapat dibedakan menjadi dua golongan,yaitu:
 Data seketika,ialah data statistik yang mencerminkan keadaan pada suaktu waktu (at a poin of time).
 Data urutan waktu,data statistik yang mencerminkan keadaan atau perkembangan suatu hal,dari satu waktu kewaktu lain secara berurutan.

Sifat Data Statistik
o Data statisttik adalah data yang berwujud angka,sebagai data angka,data statistik memiliki beberapa sifat tertentu yaitu:
 Data statistik memiliki nilai relatif atau nilai semu.
 Data statistik memiliki nilai nyata atau nilai sebenarnya.
o Data statistik memiliki batas bawah relatif,batas atas relatif batas bawah nyata dan batas atas nyata.
o Data statistik yang berbentuk data kelompokan memiliki nilai tengah atau titik tengah (midpoint).
o Data statistik sebagai data angka, dalam proses penghitungannya tidak menggunakan sistem desimal (sistem perpuluhan)
o Data statistik sebagai data angka dalam proses penghitungan menggunakan sistem pembulatan angka tertentu

Beberapa Macam Contoh Data Statistik Dalam Dunia Pendidikan
Dalam dunia pendidikan dapat dijumpai bermacam-macam dasar statistik yang dapat dianalisis dengan tekhnik statistik. Diantaranya dapat dikemukakan sebagai contoh disini misalnya:
 Data statistik yang berkaitan dengan prestasi belajar anak didik
 Data statistik yang berkaitan dengan keadaan anak didik
 Data statistik yang berkaitan dengan staf pengajar
 Data statistik yang berkaitan dengan staf administrasi
 Data statistik yang berkaitan dengan anggaran pendapatan dan belanja
 Data statistik yang berkaitan dengan bidang perlengkapan
 Data statistik yang berkaitan dengan bidang perpustakaan
 Data statistik tentang angka prestasi anak didik, staf pengajar dan staf administrasi

Penggolongan Statistik
Berdasarkan tingkat perkerjaanya,statistik sebagai ilmu pengetahuan dapat dibedakan menjadi dua golongan :
a. Statistik deskriptif,yang lazim di kenal pula dengan istilah deduktif,statistik sederhana dan descriptive statisitucs adlah statistik yang tingkat perkerjaanya mencakup cara-cara menghipun ,menyusun atau mengatur,mengelolah,menyajikan dan menganalisis data angka agar dapat memberikan gambaran teratur ,ringkas,dan jelas mengenai suatu gejala,peristtiwa atau keadaan.

b. Statistik inferensial,yang lazim di kenal pula dengan istilah statistik induktif,statistik lanjutnstatistik mendalam atau inferensial statistik adalah statisitk yang menyedikan aturan tau cara yang dapat di pergunakan sebagai alat dalam rangka mencoba menarik kesimpulan yang bersifat umum,dari kesimpulan data yang telah di susun dan di olah.

PENGUMPULAN DATA STATISTIK KEPENDIDIKAN
a) Prinsip Pengumpulan Data Statistik Kependidikan
Prinsip umum yang harus dipegang oleh siapa saja yang bermaksud menghimpun data statistik ialah dengan waktu, tenaga, biaya dan alat yang sehemat mungkin dapat dihimpun data yang lengkap, tepat dan dapat dipercaya.
 Lengkapnya data
 Tepatnya data
 Kebenaran data yang dihimpun

b) Cara Mengumpulkan Data Statistik Kependidikan
Ditilik dari segi luasnya elemen yang menjadi objek penelitian, pengumpunlan data statistik kependidikan dapat dilakukan dengan dua macam cara:
 Sensus
Sensus ialah cara mengumpulkan data dengan jalan mencatat atau meneliti seluruh elemen yang menjadi objek penelitian. 
 Sampling
Sampling ini adalah cara pengumpulan data dengan jalan mencatat atau meneliti sebagian kecil saja dari seluruh element yang menjadi objek penelitian. Dengan kata lain, sampling adalah cara mengumpulkan data dengan mencatat atau meneliti sampelnya saja.
 Pengamatan mendalam, yaitu pengamatan terhadap objek yang akan dicatat datanya dengan persiapan yang matang, dilengkapi dengan instrumen tertentu.
 Wawancara mendalam, yaitu pengumpulan data berbentuk pengajuan pertanyaan secara lisan.
 Angket, yaitu cara pengumpulan data berbentuk pengajuan pertanyaan tertulis melalui sebuah daftar pertanyaan yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
 Pemeriksaan dokumentasi yang ada dan mempunyai relevansi dengan tujuan penelitian.
 Tes, seperti: tes belajar, tes kepriabdian, tes kecerdasan, tes minat dan perhatian.

Alat Pengumpulan Data Statistik Kependidikan
Diantara alat yang biasa digunakan dalam pekerjaan pengumpulan data ststistik kependidikan, dapat dikemukakan disini, misalnya:
 Daftar atau daftar cek (check list)
 Skala bertingkat (rating scale)
 Pedoman wawancara (interview guide)
 Questionnaire (daftar pertanyaan yang setiap pertanyaannya sudah disediakan tempat untuk mengisi jawabannya.