Baca Juga

Ok, masih hafalkan dengan doa berbuka puasa! Jika ada yang lupa atau belum hafal berikut ana tulis ulang! Namun sebelumnya, sebenarnya ada banyak doa berbuka puasa, namun disinmi yang ditulis/bahas yang umumnya kita gunakan yaitu:


اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْن


Allahumma laka Shumtu wabika aamantu wa’ala risqika afthartu birahmatika yaa arhamar raahimiin. 

Artinya : Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan bagi tahun ini kerana Allah Taala Read more at: http://www.newoes.com/doa-niat-puasa-ramadhan-doa-sahur/ Copyright by www.newoes.com Thanks dah sebarin artikel ini ya
Artinya : Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan bagi tahun ini kerana Allah Taala Read more at: http://www.newoes.com/doa-niat-puasa-ramadhan-doa-sahur/ Copyright by www.newoes.com Thanks dah sebarin artikel ini ya


Artinya :

Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih
Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih Read more at: http://www.newoes.com/doa-berbuka-puasa-ramadhan-doa-buka-puasa/ Copyright by www.newoes.com Thanks dah sebarin artikel ini ya

Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan bagi tahun ini kerana Allah Taala Read more at: http://www.newoes.com/doa-niat-puasa-ramadhan-doa-sahur/ Copyright by www.newoes.com Thanks dah sebarin artikel ini y
Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan bagi tahun ini kerana Allah Taala Read more at: http://www.newoes.com/doa-niat-puasa-ramadhan-doa-sahur/ Copyright by www.newoes.com Thanks dah sebarin artikel ini ya


Artinya : Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan bagi tahun ini kerana Allah Taala Read more at: http://www.newoes.com/doa-niat-puasa-ramadhan-doa-sahur/ Copyright by www.newoes.com Thanks dah sebarin artikel ini ya

Nah, itulah doa berbuka yang akan dibedah artinya kata per kata pada postingan kali ini. Dan tentunya juga dengan mengeluarkan hukum/kaidah terhadap kata tersebut sesuai dengan materi yang pernah di bahas sebelumnya....
Ok, langsung aja ya! ^_^

اللَّهُمَّ = allahumma : Ya Allah

لَكَ = laka : untukMu (pelajaran materi 5)

صُمْتُ = shumtu : (fi'il madhi/telah dilakukan & dhomirnya ana ditandai dengan huruf 'tu') Aku telah berpuasa

وَ = wa : dan

بِكَ = bika : denganMu (domir 'ka')

آمَنْتُ = Aamantu : (fi'il madhi/telah dilakukan & dhomirnya ana ditandai dengan huruf 'tu') Aku beriman

وَ = wa: dan

عَلَى = 'alaa: atas

رِزْقِكَ = rizqika: rezekiMu. #ismun majrur, asal kata rizkun, namun berubah menjadi rizqin karena diawali dengan huruf jar, yaitu "alaa". Dan kemudian bersambung dengan domir "ka" yaitu untuk orang kedua.

أَفْطَرْتُ
= Afthortu: (fi'il madhi/telah dilakukan & dhomirnya ana ditandai dengan huruf 'tu')

بِ = bii : dengan (harfu jarrin)

رَحْمَتِكَ = rahmatika : rahmatMu #ismun majrur, asal kata rahmatun, nemun berubah menjadi rahmatin karena diawali dengan huruf jar 'bii'. Dan kemudian bersambung dengan domir Anta yang ditandai dengan huruf 'KA'

يَا = ya: wahai

أَرْحَمَ = arhama: mengasihi/menyayangi

الرَّاحِمِيْن = raahimin: yang dikasihi/yang disayangi #merupakan jama' muzakkar salim. Mufradnya adalah raahimun > raahimaani > raahimuuna/raahimiina.

Bahasa arab itu indah, walaupun pun terlihat sangat singkat, namun doa tersebut tersusun dan tertata atas kaidah-kaidah bahasa arab.....

Arti ayat keseluruhan:
Ya Allah, bagi-Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku beriman dan atas rizki-Mu aku berbuka dengan kasih sayang-Mu wahai dzat yang Maha Pengasih lagi Penyayang
Nah, pada doa tersebut dapat kita lihat kata kerjanya menggunakan fi'il madhi (yg telah dilakukan) seperti 'afthortu' artinya 'aku telah berbuka puasa' dan lainnya. Oleh karena itu, sebagian ulama menganjurkan untuk berbuka dahulu, lalu membaca doa tersebut.
Jadi urutannya adalah:
1. membaca basmalah
2. berbuka (sejenak/sekedar membuka puasa))dengan kurma atau bukaan lainnya
3. membaca doa berbuka puasa, kemudian melanjutkan kembali berbuka..