Baca Juga

Materi Tentang Perubahan Lingkungan/iklim dan Daur Ulang Limbah - Materi ini merupakan salah satu materi yang dipelajari di SMA Kelas X. mudah-mudahan dengan postingan ini bisa menjadi bahan referensi bagi yang lagi memerlukan.

A. Apakah lingkungan hidup itu ?
Lingkungan yang bagaimana yang mampu mendukung kehidupan manusia dan kehidupan  organisme yang lain? Apakah kekayaan alam yang masih tersedia masih mampu mendukung  keberlanjutan ekonomi humanis pada saat ini  dan yang akan datang? Setelah mempelajari ekosistem, marilah kita mengkaji tentang Pencemaran lingkungan dan daur ulang limbah !
Lingkungan hidup merupakan komponen penting yang menyediakan berbagai kebutuhan untuk manusia.  Pada awal peradaban, mula-mula  manusia hanya memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhannya. Kekayaan alam yang masih melimpah, tingkat pengetahuan  dan konsumsi yang masih rendah masih mampu menyediakan  kebutuhan dasar untuk hidup. Peradaban manusia terus berkembang, jumlah  penduduk makin banyak, tingkat kebutuhan makin beragam, perkembangan budaya manusia semakin kompleks, dan lingkungan tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan manusia.  Terjadi berbagai bentuk pergeseran cara hidup manusia.  Manusia tidak lagi hanya sekedar mengandalkan alam, lebih dari itu mulai menggunakan ilmu dan teknologi untuk memanfaatkan dan mengelola lingkungan hidup
Banyak upaya yang sudah dilakukan manusia untuk memanfaatkan dan mengelola lingkungan hidup melalui sentuhan ilmu pengetahuan dan teknologi. Semua itu dilakukan agar manusia dapat menikmati hidup, tidak lagi sekedar melakukan hidup. Kondisi ini semakin mendorong manusia untuk terus melakukan ekploitasi yang tanpa batas. Ekploitasi, aktivitas hidup dan proses produksi lainnya memberikan hasil samping  yang terbuang pada media lingkungan yang sering dinamakan  limbah
Pengelolaan limbah kadang kurang mendapatkan perhatian yang serius, akibatnya semakin memperparah keseimbangan lingkungan yang sebelumnya terjaga.  Lingkungan tidak lagi berfungsi sesuai peruntukannya. Kurang disadari bahwa lingkungan tidak hanya disediakan untuk manusia, makhluk hidup yang lain terabaikan. Pandangan Antroposentris, mengalahkan segalanya. Pencemaran  lingkungan mulai terjadi dan akhirnya lingkunganpun  mulai berubah dan  ketimpangan daur ekologis  makin memperburuk lingkungan hidup manusia.  Akankah manusia  mulai sadar akan  akan ulahnya itu ? Sejauhmana ilmu pengetahuan dan teknologi telah dipergunakan manusia untuk melakukan  koreksi terhadap berbagai bentuk ekploitasi  dan ketimpangan daur ekologi ?

Menyadari akan pentingnya lingkungan hidup dalam mendukung kehidupan manusia dan perikehidupan makhluk hidup  yang lain, marilah kita melakukan kajian tentang pencemaran lingkungan, perubahan lingkungan, dan daur ulang limbah organik. 
No
Kegiatan
Macam Pencemaran atau Masalah Lingkungan yang Timbul
1
Urbanisasi
Air limbah,  buangan industri, sediment, buangan organik dan biologis, pengerukan pelabuhan, penimbunan tanah, pemindahan tanah dan reklamsi
2
Pertanian, Kehutanan
 Pestisida, Organochlorin,  Organophosphat, Karbamat,  Pupuk, endapan
3
Ekstraksi minyak,  penyulingan , transportasi
Minyak, dispersant,  dan air garam
4
Pertambangan
Metal ( timah, tembaga, nikel dan arsenic) endapan; kerusakan ekosistem karang  dari endapan atau eksploitasi  batu karang
5
Metallurgi
Metal, khususnya tembaga, seng, nikel  dan cadmium
6
Sellulose
Senyawa organochlorin   dari proses pemutihan Chlori air raksa (Hg) darimproduksi soda caustic dan chlorine
7
Tekstil
Zat pewarna  yang mengandung metal, khususnya  Cd dan Pb; Pestisida
8
Plastik
Hasil sampingan  dari produksi Chlorida, monomer, Cadmium,  sampah plastic
9
Pembangkit Listrik
Air panas, buangan radioaktif
10
Desalinasi
Air panas garam



















Pencemaran lingkungan
       Apakah yang dapat kamu temukan  dari kedua gambar di atas ?   Apabila kita mengamati  kedua gambar diatas kiranya akan diperoleh gambaran tentang Polusi (Pencemaran). Polusi   adalah masuknya  atau dimasukkannya  makhluk hidup, zat, energi,  dan atau komponen lain ke dalam lingkungan  hidup oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun sampai  ke tingkat  tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukkannya. Segala sesuatu yang menyebabkan polusi disebut polutan.


Dikarenakan materi ini agak lumayan panjang sehingga untuk memudahkan sobat-sobat semua. Materi yang super komplit silahkan di download di link di bawah ini: