Baca Juga
Multimedia memiliki berbagai pengertian.Dean (1996) menyatakan bahwa isitilah multimedia berasal dari teater,yaitu pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium di panggung yang mencakup monitor video, synthesized band, dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan. Beberapa pakar mengartikan multimedia sebagai berikut :
1.Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 elemen, yaitu suara, gambar, dan teks (Mc Cormick,1996).
2.Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data. Media ini dapat audio (suara,musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar (Turban,dkk,2002).
3.Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan intraktif yang mengombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan gambar video (Robin dan Linda,2001).
4.Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, dan berkomunikasi (Hofstetter,2001). Berikut adalah pembagian dalam Multimedia :
1. Text
Bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan adalah text (teks). Teks dapat membentuk kata,surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa.Kebutuhan teks bergantung pada penggunaan aplikasi multimedia.
2.Image
Image (grafik) merupakan hasil sebuah pengambilan citra yang didapat melalui alat penangkap citra,seperti kamera dan scanner,yang hasilnya sering disebut dengan gambar.Gambar bisa berwujud sebuah ikon,foto ataupun simbol.
3.Audio
Audio (suara) adalah komponen multimedia yang dapat berwujud narasi,musik,efek suara atau penggabungan di antara ketiganya.
4.Video
Video merupakan sajian gambar dan suara yang ditangkap oleh sebuah kamera, yang kemudian disusun ke dalam urutan frame untuk dibaca dalam satuan detik.
5.Animation
Animation (animasi) merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layer.
6.Virtual Reality
Dalam perkembangannya, komponen multimedia bertambah satu lagi, yaitu virtual reality.
Virtual reality memungkinkan terjadinya hubungan timbal balik antar-user dengan aplikasi multimedia secara nyata.Contohnya seperti Microsoft Suface atau Eye Toy PS 2. by +Bungas Zahid
1.Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 elemen, yaitu suara, gambar, dan teks (Mc Cormick,1996).
2.Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data. Media ini dapat audio (suara,musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar (Turban,dkk,2002).
3.Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan intraktif yang mengombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan gambar video (Robin dan Linda,2001).
4.Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, dan berkomunikasi (Hofstetter,2001). Berikut adalah pembagian dalam Multimedia :
1. Text
Bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan adalah text (teks). Teks dapat membentuk kata,surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa.Kebutuhan teks bergantung pada penggunaan aplikasi multimedia.
2.Image
Image (grafik) merupakan hasil sebuah pengambilan citra yang didapat melalui alat penangkap citra,seperti kamera dan scanner,yang hasilnya sering disebut dengan gambar.Gambar bisa berwujud sebuah ikon,foto ataupun simbol.
3.Audio
Audio (suara) adalah komponen multimedia yang dapat berwujud narasi,musik,efek suara atau penggabungan di antara ketiganya.
4.Video
Video merupakan sajian gambar dan suara yang ditangkap oleh sebuah kamera, yang kemudian disusun ke dalam urutan frame untuk dibaca dalam satuan detik.
5.Animation
Animation (animasi) merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layer.
6.Virtual Reality
Dalam perkembangannya, komponen multimedia bertambah satu lagi, yaitu virtual reality.
Virtual reality memungkinkan terjadinya hubungan timbal balik antar-user dengan aplikasi multimedia secara nyata.Contohnya seperti Microsoft Suface atau Eye Toy PS 2. by +Bungas Zahid