Baca Juga

Pengertian Tweening
Tweening adalah proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara memberikan perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan keyframe awal dan akhir sehingga dapat terbentuk frame-frame baru. Fungsi utama tweening adalah untuk menggerakkan objek dari satu titik ke titik lainnya. Animasi motion tween digunakan apabila kita ingin membuat gerakan animasi yang teratur. Animasi ini sangat mengurangi waktu karena kita tidak perlu membuat animasi secara frame per frame. Sebaliknya hanya membuat frame awal dan frame akhir saja. Dua alasan utama mengapa Animasi motion tween sangat baik yaitu karena mengurangi pekerjaan mengambar dan meminimalkan ukuran file karena isi dari setiap frame tidak perlu disimpan. 

Cara Kerja Tweening 
Cara kerja tweening adalah dengan cara menentukan dua poin keadaan pada objek awal dan akhir, sedangkan macromedia flash membuat rangkaian gerakan diantaranya. Animasi yang dihasilkan menggunakan metode ini adalah gerakan yang halus, perubahan letak, ukuran, rotasi, bentuk maupun warna. Prinsip kerja dari animasi motion tween adalah membuat objek pada frame pertama dan terakhir saja, sedangkan frame-frame diantaranya akan dibuat secara otomatis. Objek yang dapat diaplikasikan dalam motion tween adalah objek instance (simbol), group dan teks. Animasi motion tween biasa digunakan untuk membuat animasi objek bergerak, berputar, dan mengubah ukuran (skala).

Untuk menggerakkan animasi berupa obyek yang bergerak , langkah tercepat yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Motion Tween. Dengan menggunakan Motion Tween, kita hanya menentukan posisi pertama dan posisi terkahir obyek dan selanjutnya kita gerakan dengan Motion Tween. 

Langkah-langkah membuat animasi tweening sederhana : 
  1. Buka halaman baru File > New > File Flash > OK 
  2. Pada menu Propeties tentukan size atau ukuran stage 550 x 200 pixel, warna Background Putih dan jumlah Frame per detik 12. 
  3. Ubahlah nama untuk Layer 1 dengan nama layer “Bola”. 
  4. Seleksi drame 1 pada layer Bola 

Gambar  Seleksi Drame 1 pada Layer bola 

5. Dengan menggunakan Oval Tool buatlah lingkaran seperti pada latihan animasi frame by frame dan le takkan gambar bola di stage sebelah kiri.

Gambar Menggambar menggunakan Oval Tool 

6. Klik kanan frame 8 layer Bola dan pilih Insert Keyframe

Gambar Frame 8 layer bola

7. Drag gambar bola yang berada di frame 8, geser ke sebelah kanan stage

Gambar  Bola yang berada di frame 8, geser ke kanan stage 

8. Klik kanan di frame 1 dan 8, pilih Create Motion Tween

Gambar  Create Motion Tween 

9. Keadaan frame setelah ditambah Motion Tween
 
Gambar  Motion Tween 

10. Cek hasil Movie dengan menekan Ctrl + Enter
 
Gambar Hasil Movie Tween 

Bandingkan dengan hasil animasi frame to frame. Dari segi hasil, tidak ada perbedaan, tetapi dari segi proses, penggunaan animasi dengan motion tween lebih mudah dan praktis karena kita hanya menentukan posisi awal dan posisi akhir dari objek yang akan digerakkan.