Baca Juga

Apa itu kualitas .??
Pengertian Kualitas 

Kualitas didefinisikan sebagai totalitas karakteristik suatu. produk yang menunjang kemampuan produk itu untuk memuaskan kebutuhan yang telah ditetapkan Gasper (2008:1), mendefinisikan kualitas seringkali diartikan sebagai kepuasan pelanggan (customer satisfaction) atau konformans terhadap kebutuhan (conformance improvement). 

Disamping pengertian tersebut kualitas juga dapat diartikan segala sesuatu yang menetukan kepuasan pelanggan dan upaya perubahan kearah perbaikan yang terus menerus (continous improvement).

Cara Membandingkan kualitas (quality control) melibatkan beberapa aktivitas diantaranya yaitu : 

  • Mengevaluasi kinerja aktual (actual perfomance) 
  • Membandingkan aktual dengan target atau sasaran 
  • Mengambil tindakan atas perbedaan antara aktual dan target 
Mengacu pada pendapat Dr Juan (2008) menyatakan pendelegasian kualitas kepada tingkat paling bawah dalam perusahaan atau organisasi melalaui penempatan karyawan dalam keadaan terkendali, mendukung pelatihan karyawan dalam pengumpulan data dan analisis data untuk memungkinkan mereka membuat keputusan sesuai dengan fakta yang ada.