Baca Juga
KELOMPOK Panthera leo:
1. Satria Surya D.
2. Waskitha Ghaziadyata
3. Muhammad Farid K.
4. Utruja Firdausi
5. Amalia Damayanti
DAFTAR ISI
1.Judul………………………………………………....…..….… 01
2.Daftar isi …….........................................................…..….. 02
3.Tujuan penelitian …..………………………………….…….. 03
4.Bab I Pendahuluan ………………..……...………….…….. 04
5.Bab II Merumuskan Masalah ……………………..……….. 04
6.Bab III Menentukan kerangka Berfikir ………..…………... 05
7.Bab IV Merumuskan Hipotesis …………………………….. 05
8.Bab V Identifikasi Vaiabel ………………………...………….06
9.Bab VI Melakukan Eksperimen ……….………..………..…06
10. BAB VII Hasil dan Analisis ……………………………...….08
11. Bab VIII Kesimpulan ……………………………………..…09
Kami mengadakan eksperimen ini mempunyai tujuan,yaitu
1. Mengamati pengaruh penambahan larutan urea terhadap pertumbuhan kecambah Kacang merah
2. Mengamati pengaruh unsur nitrogen dalam larutan urea terhadap pertumbuhan Kecambah kacang merah
BAB I PENDAHULUAN
Manusia sebagai makhluk hidup memiliki rasa ingin tahu .rasa ingin tahu manusia bersifat khas, yaitu berkembang.hal ini yang mendasari dan membedakan manusia dengan makhluk lainya.dari rasa ingin tahu manusia dapat memperoleh pengetahuan, dimana pengetahuan itu bersifat ilmiah dan non ilmiah. Pengetahuan yang bersifat non ilmiah di kenal dengan pengetahuan saja. Pengetahuan ini dapat di temukan secara sengaja maupun secara tidak sengaja, misalnya saja penemuan jamur penicilium penghasil anti biotik penisilin oleh Alexander fleming.
Sedangkan pengetahuan yang di peroleh secara ilmiah di sebut juga ilmu.syarat pengetahuan biasa dikatakan sebagai ilmu jika penemuanya menggunakan metode ilmiah.metode ilmiah adalah tahap-tahap pengembangan ilmu yang di lakukan secara sistematis dengan menggunakan logika.melalui metode ilmiah in menyebabkan ilmu bersifat logis (dapat di nalar), metodis (menggunakan metode ilmiah), sistematis dan berlaku umum.untuk dapat melakukan suatu aktivitas ilmiah,perlu memperhatikan struktur metode ilmiah,struktur penelitian ilmiah, struktur penulisan ilmiah atau cara menyusun laporan ilmiah, serta bahasa ilmiah.selain itu kita harus mampu bersikap ilmiah saat melakukan aktifitas ilmiah tersebut. Agar lebih jelas, cermati uraian berikut.
Suatu penelitian akan berhasil dengan baik apabila dilakukan sesuai dengan struktur metode ilmiah.struktur metode ilmiah memiliki beberapa langkah yang terdiri atas :
1. perumusan masalah
2. menentukan kerangka berfikir
3. merumuskan hipotesis
4. mengidentifikasi variabel
5. melakukan eksperimen
6. mengolah data dan menganalisis data
7. menarik kesimpulan
8. mempublikasikan hasil
BAB II Merumuskan masalah.
1. bagaimana pengaruh larutan urea pada kecambah kacang hijau?
BAB III Menentukan kerangka berfikir.
Larutan urea berpengaruh positif terhadap pertumbuhan kecambah kacang hijau, karena larutan urea mengandung nitrogen (46%), air(0,5%), biuret(0,5%) .
Unsure hara nitrogen berfungsi
1. Sebagai penyusun zat hijau daun (klorofil) yang sangat penting dalam proses fotosintesis tanaman dan membuat daun tanaman menjadi lebih hijau
2. Mempercepat pertumbuhan vegetatif (pembentukan anakan, tinggi tanaman, lebar daun), panjang malai, jumlah gabah dll.
3. Meningkatkan kadar protein hasil panen tanaman.
4. Bagian terpenting dari asam-asam amino, asam nucleat, dan klorofil.
5. Sebagai penyusun zat hijau daun (klorofil) yang sangat penting dalam proses fotosintesis tanaman dan membuat daun tanaman menjadi lebih hijau
6. Mempercepat pertumbuhan vegetatif (pembentukan anakan, tinggi tanaman, lebar daun), panjang malai, jumlah gabah dll.
7. Meningkatkan kadar protein hasil panen tanaman.
8. Bagian terpenting dari asam-asam amino, asam nucleat, dan klorofil.
BAB IV Merumuskan Hipotesis
Rumusan hipotesisnya adalah : larutan urea berpengaruh positif terhadap pertumbuhan kecambah kacang merah .
Ada dua macam hipotesis dalam eksperimen, yaitu sebagai berikut
a. Hipotesis alternatif
hipotesis alternative adalah dugaan yang menyatakan ada pengaruh .hipotesis pada uraian di atas tergolong hipotersis alternative karena menduga :”ada pengaruh positif terhadap pertumbuhan kacang merah”.
b. Hipotesis nol
hipotesis nol adalah dugaan yang menyatakan tidak adanya pengaruh .contoh hipotesis nol adalah sebagai beriku “tidak terdapat pengaruh larutan urea terhadap pertumbuhan kecambah kacang merah”.
BAB V Identifikasi Variabel
Variabel merupakan sesuatu yang dapat berubah atau factor tertentu.
Macam – macam variabel :
a..variabel bebas
variabel bebas adalah variabel yang dapat di ubah – ubah( hal yang mempengaruh).
b. variabel terikat
variabel terikat adalah variabel yang akan di ukur ( hal yang dipengaruhi ).
c. Variabel kontrol
variabel control adalah variabel yang tidak mendapat perlakuan apa – apa .
rumusan masalahnya adalah : bagaimana pengaruh larutan urea terhadap kecambah kacang merah ?
a. variabel bebas :pemberian dosis larutan urea
b. variabel terikat :pertumbuhan kecambah kacang merah
c. Variabel control :air, suhu, cahaya matahari.
BAB VI. Melakukan Eksperimen
Dalam tahap ini di lakukan serangkaian percobaan untuk menguji hipotesis.tujuan eksperimen adalah untuk membuktikan hipotesis dengan di dukung oleh bukti nyata (empiris) dari hasil percobaan.pada hipotesis sebelumnya : larutan urea berpengaruh positif terhadap pertumbuhan kecambah kacang merah. benarkah hipotesis ini ? untuk mendukung dan menyangkal hipotesis itu ,perlu di buktikanya melalui eksperimen.eksperimen dapat dilakukan dengan melakukan kegiatan di bawah ini :
Pengaruh larutan urea pada kecambah kacang merah
a. tujuan :mengamati pertumbuhan kecambah kacang merah.
b. Alat dan bahan.
1. 10 biji kacang merah yang baik
2. 1 gram pupuk urea (sekitar setengah sendok teh )
3. 2 gelas plastik bening
4. I bungkus kapas
5. selotip
6. air
7. label
c. Cara keja
1. Buatlah larutan urea 1 gram dalam 2 liter air ( sekitar 4 gelas )
2. Berilah label A dan B masing – masing gelas
3. Celupkan kapas secukupnya pada larutan pupuk urea lalu letakkan kapas Tersebut di dasar gelas A. didasar gelas B letakkan kapas yang telah dicelupkan pada air (lihat gambar)
4. Tanamlah masing – masing 5 biji kacang merah pada gelas A dan B.
5.
Letakkan kedua gelas tersebut ditempat yang mendapat cukup cahaya.
6. Setiap hari, tambahkan 1 sendok larutan urea pada gelas A, sedangkan gelac B diberi air biasa .
7. Amati dan catat panjang rata rata batang kemudian tulis pada label pengamaytan .
catatan: pada waktu mengukur ,gunakan lidi ( kecammbah tidak perlu di angkat ).
Hasil Eksperimen :
BAB VII. Hasil Dan Analisis
Dalam penelitian 7 hari tersebut, menambahkan larutan urea dapat menghambat proses perkecambahan pada kacang merah. Hal ini karena terjadinya peristiwa osmosis pada biji yang mengakibatkan konsentrasi larutan urea dalam kotiledon semakin lama semakin pekat.
Pekatnya kandungan larutan urea dalam kotiledon menghambat penyerapan sari-sari yang seharusnya diambil kecambah dari kotiledon, hingga tidak terjadi penyerapan sama sekali. Akhirnya pertumbuhan kecambah kacang merah terhambat. Sehingga betapapun larutan urea mengandung zat-zat yang diperlukan bagi pertumbuhan tanaman, justru menghambat pada masa perkecambahan
Dari penelitian dapat dilihat bahwa perkecambahan dengan air murni terlihat lebih normal dari yang lain. Diameter batang +/- 2mm. warna putih susu. Pertumbuhan serta imbibisi cepat.
Pekatnya kandungan larutan urea dalam kotiledon menghambat penyerapan sari-sari yang seharusnya diambil kecambah dari kotiledon, hingga tidak terjadi penyerapan sama sekali. Akhirnya pertumbuhan kecambah kacang merah terhambat. Sehingga betapapun larutan urea mengandung zat-zat yang diperlukan bagi pertumbuhan tanaman, justru menghambat pada masa perkecambahan
Dari penelitian dapat dilihat bahwa perkecambahan dengan air murni terlihat lebih normal dari yang lain. Diameter batang +/- 2mm. warna putih susu. Pertumbuhan serta imbibisi cepat.
Gelas | Panjang batang kecambah pada hari ke - | Keadaan kecambah pada hari ke - | ||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | ||
A | 0 | 0 | 0 | 0 | 0,7 cm | 1,2 cm | ||
B | 0 | 0,6 cm | 2 cm | 2,2 cm | 2,3 cm | 5,4 cm |
Pertumbuhan kecambah kacang merah pada gelas yang diberi air biasa lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan kecambah kacang merah yang diberi larutan urea.
BAB VII. Menarik Kesimpulan
Kesimpulan dibuat berdasarkan hasil eksperimen. Kesimpulannya Dapat menolak hipotesis atau menerima hipotesis .
Menolak hipotesis berarti bahwa dugan sementara tidak sesuai Dengan hasil eksperimen. Menerima hipotesis berarti bahwa dugaan Semantara sesuai dengan hasil eksperimen.
Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa “Menambahkan Larutan urea dapat menghambat proses perkecambahan.” Dengan demikian, hipotesis awal bahwa “larutan urea akan membantu proses perkecambahan” bernilai nol, atau salah sama sekali.
Untuk file Ms Word bisa di download di sini.