Baca Juga

Ternyata Kita Wajib Sedekah atau Shalat Dua Raka'at Dhuha Setiap Pagi


Sedekah vs Shalat Dhuha

Assalamu'alaikum...
Saudara Muslim semua, mari kita simak hadits berikut dengan seksama,

Dari Abu Hurairah RA, dia berkata : Rasulullah SAW bersabda : "Tiap persendian manusia ada kewajiban sedekah untuknya, pada tiap hari dimana matahari terbit di dalamnya, engkau berbuat adil di antara dua orang adalah sedekah; Engkau membantu seseorang dalam kendaraannya, engkau menaikannya di atasnya atau menaikkan barangnya di atasnya adalah sedekah; Ucapan yang baik adalah sedekah. Dan engkau menghilangkan rintangan dari jalan adalah sedekah." (HR. Bukhari-Muslim)

Dan Muslim juga meriwayatkan dari 'Aisyah RA, dia berkata : Rasulullah SAW bersabda : "Sesungguhnya setiap manusia dari keturunan Adam diciptakan padanya persendian sebanyak tiga ratus enam puluh sendi. Maka barang siapa ber-Takbir mengagungkan Allah, memuji Allah, mensucikan Allah, memohon ampunan kepada Allah dan menyingkirkan batu dari jalan yang dilalui manusia atau duri atau tulangdari jalan manusia, atau memerintah yang ma'ruf atau mencegah dari yang mungkar, sebanyak tiga ratus enam puluh berarti ia berjalan pada hari itu dalam keadaan ia telah dijauhkan dari api neraka".

Setelah kita simak dua hadist di atas ternyata, setiap pagi kita mendapat kewajiban bersedekah untuk tubuh kita, jelasnya pada persendian tubuh kita, sebanyak tiga ratus enam puluh, dan sedekah itu bisa kita lakukan melalui dzikir atau berbuat baik sebanyak tiga ratus enam puluh itu. Dari hadist itu juga bisa kita ambil kesimpulan, jika kita lakukan itu, tanpa pernah bolos, Insya Allah kita terhindar dari sakit persendian yang mana sesuai dengan hadist di atas "berarti ia berjalan pada hari itu dalam keadaan ia telah dijauhkan dari api neraka".

Bagi kita yang kurang terbiasa berdzikir di pagi hari, apa lagi setiap pagi, terutama bagi para pekerja yang sudah disibukkan dengan pekerjaan mulai dari pagi hari, tentu itu akan terasa sulit bagi kita, lalu apakah ada cara lain yang bisa ditempuh...???

Nah,,, Saudara Muslim semua, itulah enaknya Islam, Islam bukan agama yang memberatkan umatnya. Jika sedekah sebanyak tiga ratus enam puluh kali itu terasa berat bagi kita, maka Junjungan kita, Nabi kita Muhammad SAW memberikan cara yang lebih mudah untuk melakukan itu. Mari kita simak hadist berikut,

Dari Abu Dzar RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda : "Tiap pagi ada kewajiban bersedekah untuk tiap-tiap persendian (ruas). Maka tiap ucapan Tasbih adalah sedekah, tiap ucapan Tahmid adalah sedekah, Amar Ma'ruf adalah sedekah dan melarang dari yang mungkar adalah sedekah. Dan mencukupi dari semua itu dua rakaat yang kamu lakukan pada waktu dhuha". (HR. Muslim)

Alhamdulillah,,, Rasul menunjukkan kepada kita hanya dengan dua raka'at shalat dhuha, kewajiban kita bersedekah untuk persendian sebanyak tiga ratus enam puluh itu sudah bisa terpenuhi. Lalu apakah dua raka'at itu masih terasa sulit bagi kita. dan bahwasanya dua raka'at dhuha tidak akan menghabiskan banyak waktu kita.

Tapi jika kita lalai dari hadist Rasul di atas, maka bersiaplah kita akan menderita sakit persendian, cepat atau lambat... Na'udzubillah...

Saudara Muslim semua, sedekah atau Dhuha yang disebutkan diatas, semata-mata hanya untuk menuntun kita untuk bersyukur atas nikmat yang Allah berikan kepada kita semua. Sekian, dan semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kita semua, dan semoga Allah menjadikan kita ke dalam golongan orang-orang yang pandai bersyukur, Aamiiinn...

Wassalamu'alaikum...