Baca Juga

Lembah Harau, Harau, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat (http://ensiklopediaindonesia.com)

Lembah Harau merupakan lembah yang subur, seluas sekitar 270 Hektar, terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Berada ± 138 km dari Padang ± dan 47 km dari Bukittinggi atau sekitar ± 18 km dari Kota Payakumbuh dan ±2 km dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Lima Puluh Kota. Tempat ini dikelilingi batu granit terjal berwarna-warni dengan ketinggian 100 sampai 500 meter.

Topografi Cagar Alam Harau adalah berbukit-bukit dan bergelombang. Tinggi dari permukaan laut adalah 500 sampai 850 meter, bukit tersebut antara lain adalah Bukit Air Putih, Bukit Jambu, Bukit Singkarak dan Bukit Tarantang.

Lembah Harau, Harau, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat (http://www.kaskus.co.id)

Di cagar alam dan suaka margasatwa Lembah Harau ter terdapat berbagai spesies tanaman hutan hujan tropis dataran tinggi yang dilindungi, plus sejumlah binatang langka asli Sumatera. Monyet ekor panjang (Macaca fascirulatis) merupakan hewan yang acap terlihat di kawasan ini.

Jarak yang harus ditempuh dari kota Padang mungkin sekitar 138 km dengan lama perjalanan kira-kira 3 jam. Namun kebanyakan wisatawan yang datang ke Lembah Harau adalah yang sebelumnya singgah di kota Bukittinggi yang memiliki jarak sekitar 47 km dengan jarak tempuh sekitar 1 jam-an dengan rute melewati Payakumbuh kemudian sekitar 2 km dari pusat kota dekat dengan kantor bupati dan DPRD kabupaten 50 kota sampailah Anda ke Lembah Harau yang sangat cantik ini.

Terhampar ladang padi di Lembah Harau, Harau, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat (http://www.mendaki.co)

Harau diyakini berasal dari kata ‘parau’, istilah lokal yang artinya suara serak. Dulu, penduduk yang tinggal di atas Bukit Jambu sering menghadapi banjir dan longsor sehingga menimbulkan kegaduhan dan kepanikan. Penduduknya sering berteriak histeris dan akhirnya menimbulkan suara parau. Dengan ciri suara penduduknya banyak yang parau didengar maka daerah tersebut dinamakan ‘orau’ dan kemudian berubah nama menjadi ‘Arau’ hingga akhirnya penyebutan lebih sering menjadi ‘harau’.

Saat memasuki kawasan ini mata Anda akan dimanjakan betapa indahnya panorama di lembah ini. Ketika menyusuri jalanan diapit tebing, di kiri-kanan sawah dan pohon yang masih hijau dan rimbun. Selain tingginya tebing, hal yang menarik sudah pasti air terjun yang mengalir deras.

Tanah yang subur di Lembah Harau, Harau, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat (http://www.kaskus.co.id)

Lembah Harau memiliki iklim tropis dan tanah yang subur, juga keindahan pemandangan alam yang menawan. Lembah Harau dijuluki Lembah Yosemite di Indonesia karena memiliki keindahan seperti Taman Nasional Yosemite yang terletak di Sierra Nevada California dan telah terkenal ke seluruh dunia.

Berdasarkan survei yang dilakukan Tim Geologi Jerman yang meneliti jenis bebatuan yang terdapat di Lembah Harau pada tahun 1980 menyebutkan bahwa batuan yang ada sejenis bebatuan yang umumnya terdapat di dasar laut.

Jalan menuju Lembah Harau (http://www.dansapar.com)

Potensi Panjat Tebing

Panjat Tebing (http://hurricane193.wordpress.com)

Resort Aka Barayun

Kontur fisik Aka Barayun yang berbukit batu terjal membuatnya berpotensi dikembangkan menjadi arena olahraga panjat tebing.

Panjat Tebing (http://hurricane193.wordpress.com)

Selain itu di resort Aka Barayun yang memiliki keindahan air terjun yang mempunyai kolam renang

Sarasah Aka Berayun (http://www.kaskus.co.id)

Potensi Air Terjun (Sarasah)

Sembilan air terjun di Lembah Harau ini memiliki ketinggian yang berbeda-beda, yakni antara 50-90 meter. Air terjun tersebut mengalir dari atas jurang yang membentang di sepanjang Lembah Harau.

Lembah Harau terdiri dari tiga kawasan: Resort Aka Barayun, Resort Sarasah Bunta, dan Resort Rimbo Piobang, ketiganya memiliki karakter yang berbeda-beda.

Resort Sarasah Bunta

Resort Sarasah Bunta terletak di sebelah timur resort Aka Barayun. Di kawasan ini terdapat empat buah air terjun, yakni Sarasah Aie Luluih, Sarasah Bunta, Sarasah Murai, dan Sarasah Aie Angek.

Sarasah Aie Luluih, airnya mengalir melewati dinding batu dan di bawahnya mempunyai kolam tempat mandi alami yang asri. Ada kepercayaan masyarakat setempat bila mandi atau membasuh muka di sini dapat mengobati penyakit dan menjadikan wajah cantik serta awet muda.

Sarasah Aie Luluih (http://www.kaskus.co.id)

Di Lembah Harau ini terdapat air terjun bernama Bunta Waterfall atau secara lokal disebut Sarasah Bunta. Air terjun ini mengalirkan air dari dataran tinggi dengan tiga air terjun lainnya. Sarasah Bunta ini mempunyai air terjun yang berunta-unta indah. Saat terpancar sinar matahari seperti bidadari sedang mandi sehingga dinamakan Sarasah Bunta.

Air terjun (Sarasah) Bunta (http://rahmaliza.weebly.com)

Air terjun (Sarasah) Bunta pertama kali dibuka tanggal 14 Agustus 1926 oleh Asisten Residen Lima Puluh Kota F. Rinner bersama Tuanku Laras Datuk Kuning Nan Hitam dan Asisten Demang Datuk Kodoh Nan Hitam. Prasasti penanda ini mengisyaratkan keindahan air terjun Sarasah Bunta.

Di Sarasah Murai, sering pada siangnya burung murai mandi sambil memadu kasih sehingga masyarakat menamakan Sarasah Murai.

Sarasah Murai (http://www.kaskus.co.id)

Kawasan Air Terjun Sarasah Aie Angek, berada disebelah utara Sarasah Murai, masih relatif sepi. Walaupun terbilang unik, objek wisata ini belum dibuka sepenuhnya sehingga belum banyak pengunjung yang datang. Salah satu keunikan air terjun ini adalah suhu air yang cukup hangat.

Resort Rimbo Piobang

Pada Resort Rimbo Piobang sampai akhir tahun 2008 belum dikembangkan karena direncanakan untuk Taman Safari Sumatera.

Penginapan

Untuk wisatawan yang datang dari luar kota dan berniat bermalam, di tempat ini terdapat pondok kecil dan Rumah Gadang di dasar lembah untuk tempat menginap. Harga sewa kamar semalam bervariasi, mulai dari Rp 50.000,- hingga Rp 2 juta per malamnya. Bagi para wisatawan peminat olah raga panjat tebing, disediakan pemandau yang akan membimbing untuk melakukan olah raga tersebut.

Rekomendasi penginapan dari triadvisor antara lain:

Abdi Homestay
Aie Angek Cottage
Air Manis Hill Residence
Paradiso Village