Baca Juga


Selamat hari Sabtu Sahabat GPS Wisata Indonesia, tak terasa sudah satu bulan kita melewati tahun 2014 ini. Semoga apapun yang menjadi keinginan di tahun 2014 akan segera terwujud. Di hari Sabtu ini kami akan memberikan artikel mengenai Batik Kediri Jawa Timur. Batik merupakan warisan budaya asli Indonesia yang patut dibanggakan dan kita perlu untuk ikut serta menjaga dan melestarikannya. Batik merupakan identitas bangsa Indonesia yang mencerminkan semangat Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda namun tetap satu pendirian teguh. Kota Kediri lebih dikenal dengan citra khasnya sebagai kota tahu dan getuk pisang. Namun ternyata Kediri mempunyai potensi yang luar biasa dalam bidang kerajinan batik, dari segi kualitas produk, Batik Kediri tidak kalah dengan produk batik dari daerah lainnya.

Ciri khas Batik Kediri adalah motif Batik Gumul, yaitu motif batik yang meniru monumen Simpang Lima Gumul (SLG), ikon baru Kabupaten Kediri yang menyerupai Monumen L’ Arch D’triomph di Perancis. Motif batik ini sangat jarang ditemui bahkan tidak ada dimanapun kecuali ada di Kediri, karena monumen SLG hanya ada di Kabuapten Kediri.

Batik Tulis Motif SLG

Sumber: http://mikalarumahbaju.wordpress.com

Sumber: http://wisata.kompasiana.com

Terdapat juga jenis Batik Bolleches, yaitu motif unik batik yang berupa bulatan-bulatan dan titik-titik, diambil dari arti bolleches (Bahasa Belanda) artinya kumpulan titik-titik atau bola-bola kecil yang diaplikasikan dengan bunga tertentu atau motif legenda tertentu. Batik ini dibuat sekitar tahun 1980, setelah menggali dari sisi sejarah Kediri, peninggalan arkeologis, serta perkembangan masyarakat, akhirnya lahir Busana Kediren, berupa Batik Bolleches dengan nama Garuda Muka. Batik ini sangat dimintai karena motifnya yang elegen cocok dengan kepribadian warga Kediri yang lembut dan ramah. Kedua motif batik asli Kabupaten Kediri ini akan selalu berkembang sesuai perkembangan zaman.

Batik Bolleches

Sumber: http://indonesia-nizar.blogspot.com

Sumber: http://mikalarumahbaju.wordpress.com

Motif utama yang sering ditampilkan dalam Batik Kediri adalah gambar Burung Garuda. Dalam kajian sejarah, Burung Garuda sering disebut sebagai Garuda Muka, kendaraan Dewa Wisnu. Ada pula yang menyebut, Garuda Muka (Garuda Mukha) adalah Lambang Kerajaan Airlangga. Perpaduan gambar Garuda dengan lekukan garis-garis, sulur-suluran serta titik-titiknya begitu luwes. Warna-warna batiknya pun sangat variatif. Tak heran, saat ini batik ini dikenal sebagai salah satu souvenir khas Kediri. Ada motif Garuda Muka Teratai Mekar, Garuda Muka Mukti, Garuda Muka Ukel, Garuda Muka Ukel serta Garuda Muka Liris. Kesemuanya menampilkan Burung Garuda sebagai ikon utamanya. Perbedaan ada kepakan sayap garuda dan point of view serta variasi bunga dan sulurnya.

Batik Kediri Garuda Muka Teratai Mekar

Sumber: http://wisata.kompasiana.com

Batik Kediri Motif Garuda Muka Ukel dan Teratai Mekar 

Sumber: http://wisata.kompasiana.com

Batik Kediri Motif Garuda Muka Mukti

Sumber: http://wisata.kompasiana.com

Motif Garuda Muka Sekar Jagad, adalah motif yang menampilkan sosok garuda. Pada batik ini ada gambar kotak-kotak yang mewakili bentuk tahu (Kediri penghasil tahu takwa). Ada pula bulatan-bulatan sebagai penggambaran gethuk (Kediri penghasil gethuk pisang).

Batik Kediri Motif Garuda Muka Sekar Jagad

Sumber: http://wisata.kompasiana.com

Banyak sekali motif-motif Batik Kediri yang lainnya, misalnya batik dengan motif kuda kepang atau kuda lumping yang menjadi kebudayaan asli kediri.

Batik Kediri Motif Kuda Kepang

Sumber: http://batikediri.blogspot.com

Sumber: http://batikediri.blogspot.com

Sumber: http://batikediri.blogspot.com

Sentra Batik Kediri terdapat di Jl. KH Dewantoro 74 Sekoto, Badas Pare, Kediri. Di sentra tersebut memproduksi berbagai macam jenis motif batik tulis, batik sasirangan, jumputan, batik tenun ikat, dan lain-lain. Motif batik pun bisa dipesan sesuai dengan yang anda inginkan. Produk batik dari sentra kerajinan batik Kediri akan selalu berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Upaya yang bisa dilakukan oleh Pemda setempat yaitu mewajibkan PNS dan siswa sekolah untuk mengenakan seragam Batik Kediri pada hari kerja atau hari sekolah.

Sahabat GPS Wisata Indonesia bisa menjadikan Batik Kediri sebagai salah satu koleksi anda. Semoga bermanfaat.

Sumber: Fitinline