Baca Juga

Panjat tebing di Pantai Siung, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta (http://www.panduanwisatajogja.com)

Pantai Siung berada di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai yang berada satu garis dengan Pantai Baron dan Pantai Sudak ini meiliki bentangan alam yang indah.

Untuk sampai ke lokasi ini akses transportasi yang dapat Anda lalui mulai dari Yogyakarta menuju Pantai Siung yang kira-kira berjarak sekitar 80 km dengan waktu yang ditempuh selama 2 jam. Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau motor.

Pantai Siung, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta (http://kemolekanalamindonesia.blogspot.com)

Untuk anda memakai kendaraan pribadi menuju ke Pantai tersebut dapat menggunakan dua cara (lihat peta Wisata Gunung Kidul):

  1. Dari Yogyakarta, langsung menuju Semanu, kemudian ke Tepus dan Siung
  2. Setelah sampai di Wonosari dapat langsung ke pantai Siung.
Bagi Anda yang menggunakan angkutan umum, Anda dapat berangkat dari Teminal Giwangan menggunakan bus jurusan Yogyakarta - Wonosari. Dari terminal Wonosari Anda naik angkutan desa jurusan Jepitu dan turun di pertigaan Pantai Siung. Setelah itu, Anda bisa naik ojek hingga Pantai Siung.

Pantai Siung, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta (http://travelblog.ticktab.com)

Jika Anda malas berganti-ganti kendaraan, Anda dapat menyewa mobil kecil dari terminal Wonosari dengan kapasitas 6-10 penumpang, langsung menuju ke Pantai Siung.

Tebing-tebing yang menjulang di sekitar pantai membuat para pencinta pancat tebing terhipnotis dan ingin mencobanya. Tebing-tebing ini memiliki tinggi sekitar 15 meter. Selain itu, di kawasan ini tersedia 45 jalur panjat tebing dengan kesulitan yang berbeda-beda.

Tebing Pantai Siung (http://cuyacuza.wordpress.com)

Pesona batu karang di pantai siung memang sangat indah, goresan keindahan yang maha kuasa memang sungguh luar biasa hebatnya. Inilah yang menjadikan nama pantai ini pantai siung, arti kata siung adalah taring. Karena batu karang yang menyerupai siung (taring) kera, hingga kini pun batu karang yang menyerupai taring kera itu masih bisa dinikmati wisatawan yang berkunjung.

Tebing-tebing ini mememiliki karakter yang bervariasi. Karakter-karakter ini terbagi menjadi beberapa blok, dari blok A hingga blok L, yaitu untuk pemanjat artificial, aid climbing, dan free climbing. Biasanya para pemanjat memilih untuk menggunakan jalur Kuda Laut yang terkenal dengan pemandangan yang indah. Sehingga rasa letih saat memanjat tebing ini terasa hilang setelah mendapatkan pemandangan yang tidak akan bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Tebing Pantai Siung (http://www.kaskus.co.id)

Pantai siung ternyata juga pernah dipakai untuk perlombaan panjat tebing, di tahun 90-an disini pernah berlangsung Asian Climbing Gathering. Bahkan dahulu juga pernah ada rombongan wisatawan pecinta alam dari Jepang yang memanfaatkan tebing-tebing dipantai siung untuk menjadi arena panjat tebing.

Bila anda tidak berminat untuk memanjat tebing, anda bisa bersantai-santai ditepi pantai bersama keluarga. Kapan anda akan mengunjungi pantai siung, anda bisa mengagendakan bersama keluarga.

Panjat tebing di Pantai Siung, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta (http://www.kaskus.co.id)

Fasilitas

Pondok Pemanjat Tebing Siung (http://fpti-sleman.blogspot.com)

Di pantai Siung juga ada ground camp yang sangat mendukung aktivitas panjat tebing, di ground camp ini wisatawan bisa mendirikan tenda dan juga menyalakan api unggun. Tapi awas, jangan sampai merusak lingkungan sekitar dan mengganggu habitat penyu. Selain ground camp juga ada basecamp yang berbentuk rumah panggung yang dapat menampung sekitar 15 orang. Keberadaan rumah panggung ini menambah fasilitas yang dapat membuat anda semakin nyaman menikmati keindahan panorama pantai. Cukup dengan beberapa rupiah saja anda dapat bermalam di rumah panggung atau basecamp ini.

Informasi lebih lanjut hubungi

Peta Wisata Gunung Kidul (http://kemolekanalamindonesia.blogspot.com)

Federasi Panjat Tebing Indonesia Kabupaten Sleman 
STP AMPTA Tempel, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 
Website: http://fpti-sleman.blogspot.com
Email: fpti_sleman@yahoo.com
Telp.: +62 274 565 115, +62 856 2832 003, +62 881 2678 910
Fax.: +62 274 565 114
PIN BB : 2973D0C5

Atau

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 
Jln. Malioboro 56, Yogyakarta
Telp.: +62 274 587 486
FaX.: +62 274 565 437
Website: http//www.visitjogja.com