Langkah Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Waktu | |
Kegiatan Awal | · Membuka perkuliahan dengan salam dan do’a. · Mempersiapakan kondisi kelas, fisik, dan fiksis belajar mahasiswa. · Melakukan appersepsi dan memberikan motivasi untuk mengikuti perkuliahan PSPI. · Menyampaikan tujuan materi kontrak perkuliahan pertemuan 1. | 30’ | |
Kegiatan Inti | · Dosen memberikan penjelasan tentang kontra perkuliahan, mencakup keaktifan, etika, tugas, dan evaluasi. · Dosen dan mahasiswa menyepakati kotrak perkuliahan . · Dosen mendestribusikan materi perkuliahan kepada mahasiwa secara sistematis. · Dosen membagi mahasiswa menjadi beberapa kelompok. · Dosen menjelaskan teknik penyusunan makalah sesuai pedoman penulisan karya ilmiah. · Dosen menugaskan mahasiwa untuk menyusun makalah untuk presentase utnuk pertemuan ke 2 dan seterusnya. · Dosen menentukan beberapa buku terkait untuk di eksplorasi dan membuat resume materi yang penting untuk di kuasai mahasiswa. · Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang kontrak perkulaiahan. | 100’ | |
Kegiatan Penutup | · Dosen memberikan penegasan kembali tentang kontrak perkuliahan. · Dosen menugaskan pada mahasiswa untuk menyelesaikan makalah dan resume tepat waktu · Menutup perkuliahan dengan doa dan salam. | 20’ | |
Langkah Pembelajaran | Kegaiatan Pembelajaran | Waktu |
Kegaiatan Awal | · Membuka perkuliahan dengan salam dan doa. · Mepersiapakn kondisi kelas fisik, fiksis belajar mahasiswa · Melakukan appersepsi dan memberikan motivasi kuliah · Menyampaiakan tujuan materi perkuliahan pertemuan 2 | 30’ |
Kegiatan Inti | · Dosen memberikan prolog tentang hakikat perencanaan sistem pembelajaran melalui silang Tanya. Apa pengertian perencanaan secara etimologi dan terminology? Bagaimana karakterristik perencanaan sistem pembelajaran PAI? Apa prinsiop-prinsip dalam perencanaan sistem pembelajaran PAI? · Dosen membimbing diskusi kelompok di kelas · Dosen mempersilahakan kelompok mahasiswa yang sudah di tugaskan untuk mempresentasikan pemakalah. · Dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk mengukur ketercapaian tujuan materi perkuliahan. · Dosen mereviu ketapan penyajian makalah yang sudah di presentasekan pemakalah | 100’ |
Kegiatan Penutup | · Dosen bersama mahasiswa menarik kesimpulan materi yang sudah didiskusikan. · Dosen menugaskan mahasiswa untuk merevisi makalah untuk di serahkan pada akhir perkuliahan. · Menutup perkuliahan dengan doa dan salam. | 20’ |
Langka Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Kegiatan Awal | ● membuka perkuliahan dengan salam do’a ● mempersiapkan kondisi kelas, fisik dan fisikal belajar mahasiswa. ● melakukan eppersepsi dan memberikan motifasi kuliah. ● menyempaikan tujuan materi perkuliahan pertemuan 3 | 30’ |
Kegiatan Inti | ● dosen memberikan prolog tentang seputar pendekatan sistem dan penggunaan dan dalam perencanaan pembelajaran PAI ● dosen membimbing diskusi kelas ● dosen mempersilakan kelompok mahasiswa yang sudah di tugaskan untuk presentase makala ● diskusi antara kelompok mahasiswa dari hasil presentase pemakalah ● dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk mengukur ketercapaian materi perkuliahan ● dosen mereviu ketepan penyajian makalah yang sudah di presentasikan oleh pemakalah | 100’ |
Kegiatan Penutup | ● dosen bersama mahasiswa manarik kesimpulan materi yang sudah di diskusikan ● Dosen menugaskan mahasiswa untuk merevisi makalah untuk di serakan pada akhir perkuliahan ● dosan mengingatkan kelompok pemakalah pertemuan kuliah sekanjutnya. ● menutup perkuliahan dengan do’a | 20’ |
Langkah Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Kegiatan Awal | ● membuka perkuliahan dengan salam do’a ● mempersiapkan kondisi kelas, fisik dan fisikal belajar mahasiswa. ● melakukan appersepsi dan memberikan motivasi kuliah. ● menyempaikan tujuan materi perkuliahan pertemuan 4 | 30’ |
Kegiatan Inti | ● dosen memberikan prolog tentang seputar pendekatan sistem dan penggunaan dan dalam perencanaan pembelajaran PAI ● dosen membimbing diskusi kelas ● dosen mempersilakan kelompok mahasiswa yang sudah di tugaskan untuk presentase makala ● diskusi antara kelompok mahasiswa dari hasil presentase pemakalah ● dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk mengukur ketercapaian materi perkuliahan ● dosen mereviu ketepan penyajian makalah yang sudah di presentasikan oleh pemakalah | 100’ |
Kegiatan Penutup | ● dosen bersama mahasiswa manarik kesimpulan materi yang sudah di diskusikan ● dosen menugaskan mahasiswa untuk merevisi makalah untuk di serakan pada akhir perkuliahan ● dosan mengingatkan kelompok pemakalah pertemuan kuliah sekanjutnya. ● menutup perkuliahan dengan do’a | 20’ |
Mendekrispsikan makna dan langkah-langkah pengembangan model-model pembelajaran PAI
Langkah Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Kegiatan Awal | ● Membuka perkuliahan dengan salam do’a ● Mempersiapkan kondisi kelas, fisik dan fisikal Belajar mahasiswa. ● Melakukan appersepsi dan memberikan motivasi kuliah. ● menyempaikan tujuan materi perkuliahan pertemuan 5 dan 6 | 30’ |
Kegiatan Inti | ● dosen memberikan prolog tentang seputar pendekatan sistem dan penggunaan dan dalam perencanaan pembelajaran PAI ● dosen membimbing diskusi kelas ● dosen mempersilakan kelompok mahasiswa yang sudah di tugaskan untuk presentase makala ● diskusi antara kelompok mahasiswa dari hasil presentase pemakalah ● dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk mengukur ketercapaian materi perkuliahan ● dosen mereviu ketepan penyajian makalah yang sudah di presentasikan oleh pemakalah | 100’ |
Kegiatan Penutup | ● dosen bersama mahasiswa manarik kesimpulan materi yang sudah di diskusikan ● dosen menugaskan mahasiswa untuk merevisi makalah untuk di serakan pada akhir perkuliahan ● dosan mengingatkan kelompok pemakalah pertemuan kuliah sekanjutnya. ● menutup perkuliahan dengan do’a | 20’ |
Baca Juga
metode : penugasan; menjawab soal mid
Langkah Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Kegiatan Awal | ● membuka perkuliahan dengan salam do’a ● mempersiapkan kondisi kelas, fisik dan fisikal belajar mahasiswa. ● melakukan appersepsi dan memberikan motivasi kuliah. ● menyempaikan tujuan materi perkuliahan pertemuan 7 | 30’ |
Kegiatan Inti | ● dosen memberikan prolog tentang seputar pendekatan sistem dan penggunaan dan dalam perencanaan pembelajaran PAI ● dosen membimbing diskusi kelas ● dosen mempersilakan kelompok mahasiswa yang sudah di tugaskan untuk presentase makala ● diskusi antara kelompok mahasiswa dari hasil presentase pemakalah ● dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk mengukur ketercapaian materi perkuliahan ● dosen mereviu ketepan penyajian makalah yang sudah di presentasikan oleh pemakalah | 100’ |
Kegiatan Penutup | ● dosen bersama mahasiswa manarik kesimpulan materi yang sudah di diskusikan ● dosen menugaskan mahasiswa untuk merevisi makalah untuk di serakan pada akhir perkuliahan ● dosan mengingatkan kelompok pemakalah pertemuan kuliah sekanjutnya. ● menutup perkuliahan dengan do’a | 20’ |
Langkah Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Kegiatan Awal | · Membuka perkuliahan dengan salam dan doa · Mempersiapakn kondisi kelas, fisik, dan fiksis belajar mahasiswa · Melakukan appersepsi dan memberikan motivasi kuliah · Menyampaikan tujuan materi perkuliahan pertemuan 8 | 30’ |
Kegiatan Inti | · Dosen memberikan prolog tentang model perencanaan pembelajaran PAI dalam KTSP · Dosen membimbing diskusi kelompok di kelas · Dosen mempersilahkan kelompok mahasiswa yang sudah di tugaskan untuk presentase makalah · Diskusi antara kelompok mahasiswa dari hasil presentase pemakalah. · Dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk mengukur ketercapaian tujuan materi perkuliahan. · Dosen merviu ketapan penyajian makalah yang sudah dipresentasekan pemakalah | 100’ |
Kegiatan Penutup | · Dosen bersama mahasiswa menarik kesimpulan materi yang sudah di diskusikan . · Dosen menugaskan mahasiswa untuk merevsisi makalah untuk diserahkan pada akhir perkuliahan · Menutup perkuliahan dengan doa. | 20’ |
Langkah Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Kegiatan Awal | · Membuka perkuliahan dengan salam dan doa. · Mempersiapakan kondisi kelas, fisik, dan fiksis belajar mahasiswa · Melakukan appersepsi dan memberikan motivasi kuliah · Menyampaikan tujuan materi perkuliahan pertemuan 9. | 30’ |
Kegiatan Inti | · Dosen memberikan prolog tentang perencanaan merencanakan materi dan penilaian pembelajaran PAI yang relevan. · Dosen membimbing diskusi kelompok di kelas. · Dosen mempersilahkan kelompok mahasiswa yang sudah di tugaskan untuk presentase malakah. · Diskusi antara kelompok mahasiswa dari hasil presentase pemakalah. · Dosen memebrikan beberapa pertanyaan utnuk mengukur ketercapaian tujuan materi perkuliahan. · Dosen mereviu ketapan penyajian makalah yang sudah dipresentasikan pemakalah. | 100’ |
Kegiatan Penutup | · Dosen bersama mahasiswa menarik kesimpulan materi yang sudah di diskusikan . · Dosen menugaskan mahasiswa untuk merevsisi makalah untuk diserahkan pada akhir perkuliahan · Menutup perkuliahan dengan doa. |
Langkah Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Kegiatan Awal | · Membuka perkuliahan dengan salam dan doa · Mempersiapkan kondisi kelas, fisikis belajar mahasiswa . · Melakukan appersepsi dan memberikan motivasi kuliah. · Menyampaikan tujuan perkuliahan pertemuan 10. | 30’ |
Kegiatan Inti | · Dosen memberikan prolog tentang perencanaan strategi pembelajaran PAI yang tepat mencakup metode dan pendekatan. · Dosen pembimbing diskusi kelompok di kelas. · Dosen mempersilahkan kelompok mahasiswa yang sudah di tugaskan untuk presentase makalah. · Diskusi antara kelompok mahasiswa dari hasil presentase pemakalah. · Dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk mengukur ketercapaian tujuan materi perkuliahan. · Dosen mereviu ketepan penyajian makalah yang sudah dipresentasikan. | 100’ |
Kegiatan Penutup | · Dosen bersama mahasiswa menarik kesimpulan materi yang sudah didiskusikan. · Dosen menugaskan mahasiswa unutk merevisi makalah untuk diserahkan pada akhir perkuliahan. · Menutup perkuliahan dengan doa. | 20’ |
Langkah Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Kegiatan Awal | · Membuka perkuliahan dengan alam dan do’a. · Mempersiapkan kondisi kelas, fisik, fisikis belajar mahasiswa. · Melakukan appersepsi dan memberikan motivasi kuliah · Memnyampaiakan materi perkuliahan pertemuan 11. | 30’ |
Kegiatan Inti | · Dosen memberikan penjelasan tentang teknik penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI. · Dosen membimbing praktik penyusunan RPP PAI di kelas. · Dosen mempersilahkan seorang mahasiswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya. · Tanya jawab antara mahasiswa dari hasil kerja RPPnya. · Dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk mengukur ketercapaian tujuan penyusunan RPP PAI. · Dosen merviu ketepan RPP PAI yang sudah di presentasikan di depan kelas. | 100’ |
Kegiatan Penutup | · Dosen bersama mahasiswa menarik kesimpulan materi penyusunan RPP PAI. · Dosen menugaskan mahasiswa untuk merevisi RPP PAInya untuk di analisa kembali pada perkuliahan berikutnya · Menutup perkuliahan dengan doa. | 20’ |
Langkah Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Kegiatan Awal | · Membuka perkuliahan dengan salam dan doa. · Mempersiapakan kondisi kelas, fisik, fisikis belajar mahasiswa. · Melakukan appersepsi RPP PAI pertemuan sebelumnya dan memberikan motivasi kuliah. · Menyampaiakan tujuan materi perkuliahan pertemuan 12. | 30’ |
Kegiatan Inti | · Dosen memberikan penjelasan format RPP PAI yang benar. · Dosen membimbing mahasiswa menganalisa RPP PAI di kelas. · Dosen mempersilahkan mahasiswa menemukan kelemahan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAInya masing-masing dengan mengacukepada format yang sudah di berikan dosen. · Dosen dan mahasiawa sharing tentang kelemahan RPPnya masing-masing. · Dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk mengukur ketercapaian tujuan materi perkuliahan. · Dosen menunjukan cara memperbaiki RPP PAI yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku . | 100’ |
Kegiatan Penutup | · Dosen bersama mahasiswa menarik kesimpulan materi yang sudah di kaji. · Dosen menugaskan mahasiswa untuk memperbaiki RPP PAInya masing-masing untuk di serahkan pada akhir perkuliahan. · Menutup perkuliahan dengan doa. | 20’ |