Baca Juga



SATUAN CARA PERKULIAHAN (SAP) SEMESTER GANJIL 2013
JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS ALKHIRAAT PALU

1.      Kompetensi
Mahasiswa mengetahui kontrak perkuliahan semester genap, teknik penilaian, strategi, sumber belajar, dan kesepakatan dosen dan mahasiswa tentang etikan dan kondisi situasional dalam perkuliahan .
2.      Sub-Kompetensi : menjelaskan beberapa konrtak perkuliahan semester genap 2011.
3.      Indikator
a.       Mengetahui rencana dan pelaksanaan perkuliahan semester genap, teknik penilaian, strateg, dan sumber belajar.
b.      Memahami kesepakatan dosen dengan mahasiswa etika dan kondisi situasional selama mengikuti perkuliahan.
4.      Tujuan Perkuliahan 
a.       Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat menjelaskan rencana dan pelaksanaan semester genap, teknik penilaian, sumber belajar perencanaan sistem pembelajaran PAI.
b.      Setelah mengikuti perkuliahan mahasiwa dapat menjelaskan kesepakatan dosen dengan mahasiswa tentang etika dan kondisi situasional dalam perkuliahan.
5.      Materi Ajar : Pendahuluan tentang kontrak perkuliahan.
6.      Model Dan Metode Perkuliahan : Model : Kooperatif dan kreatif
     Metode : Tanya jawab, penugasan



7.      Langkah-Langkah Pembelajaran :
Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Waktu

Kegiatan Awal
·      Membuka perkuliahan dengan salam
     dan do’a.
·         Mempersiapakan kondisi kelas, fisik, dan fiksis belajar mahasiswa.
·         Melakukan appersepsi dan memberikan motivasi untuk mengikuti perkuliahan PSPI.
·         Menyampaikan tujuan materi kontrak perkuliahan pertemuan 1.
30’
Kegiatan Inti
·   Dosen memberikan penjelasan tentang kontra perkuliahan, mencakup keaktifan, etika, tugas, dan evaluasi.
·   Dosen dan mahasiswa menyepakati kotrak perkuliahan .
·   Dosen mendestribusikan materi perkuliahan kepada mahasiwa secara sistematis.
·   Dosen membagi mahasiswa menjadi beberapa kelompok.
·   Dosen menjelaskan teknik penyusunan makalah sesuai pedoman penulisan karya ilmiah.
·   Dosen menugaskan mahasiwa untuk menyusun makalah untuk presentase utnuk pertemuan ke 2 dan seterusnya.
·   Dosen menentukan beberapa buku terkait untuk di eksplorasi dan membuat resume materi yang penting untuk di kuasai mahasiswa.
·   Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang kontrak perkulaiahan.
100’
Kegiatan Penutup
·  Dosen memberikan penegasan kembali tentang kontrak perkuliahan.
·  Dosen menugaskan pada mahasiswa untuk menyelesaikan makalah dan resume tepat waktu
·  Menutup perkuliahan dengan doa dan salam.  
20’




8.      Evaluasi : Evaluasi di lakukan pada proses dan akhir perkuliahan dalam bentuk 3 butir test essay.
9.      Instrument Penilaian Tulisan :
a.       Apakah anda mengerti tentang kontrak perkuliahan kita semester ini?
b.      Sebutkan beberapa kontrak yang harus kita taati selama perkuliahan .
c.       Berapa tugas yang harus anda selesaiakan dalam perkuliahan PSPI ini?
SATUAN CARA PERKULIAHAN (SAP) SEMESTER GANJIL 2013
JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS ALKHIRAAT PALU

1.      Kompetensi :
Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat perencanaan sistem pembelajaran sistem PAI.
2.      Sub-Kompetensi : Menjelaskan hakikat perencanaan sistem pembelajaran PAI.
3.      Indikator :
a.       Mengetahui pengertian, karakteristik, dan prinsip perencanaan sistem pembalajarn PAI.
b.      Menguraikan tujuan, manfaat dan lingkup perencanaan sistem pembalajaran.
4.      Tujuan Perkuliahan :
a.       Setelah mengikuti perkulaiahn mahasiswa sapat menjelaskan pengertian, karakteristik, dan prinsip perencanaan sistempembelajaran PAI.
b.      Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat menjelskan tujuan, manfaat, dan lingkup perencanaan sistem pembelajaran PAI.
5.      Materi Ajar : hakikat perencanaan sistem pembelajaran PAI.
6.      Model  Dan Metode Perkuliahan :
Model              : Kooperatif dan kreatif
Metode            : Diskusi, Tanya jawab, penugasan.






7.      Langkah-Langkah Pembelajaran :
Langkah Pembelajaran
Kegaiatan Pembelajaran
Waktu
Kegaiatan Awal
·     Membuka perkuliahan dengan salam dan doa.
·     Mepersiapakn kondisi kelas fisik, fiksis belajar mahasiswa
·     Melakukan appersepsi dan memberikan motivasi kuliah
·     Menyampaiakan tujuan materi perkuliahan pertemuan 2
30’
Kegiatan Inti
·     Dosen memberikan prolog tentang hakikat perencanaan sistem pembelajaran melalui silang Tanya. Apa pengertian perencanaan secara etimologi dan terminology? Bagaimana karakterristik perencanaan sistem pembelajaran PAI? Apa prinsiop-prinsip dalam perencanaan sistem pembelajaran PAI?
·     Dosen membimbing diskusi kelompok di kelas
·     Dosen mempersilahakan kelompok mahasiswa yang sudah di tugaskan untuk mempresentasikan pemakalah.
·     Dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk mengukur ketercapaian tujuan materi perkuliahan.
·     Dosen mereviu ketapan penyajian makalah yang sudah di presentasekan pemakalah
100’
Kegiatan Penutup
·     Dosen bersama  mahasiswa menarik kesimpulan materi yang sudah didiskusikan.
·     Dosen menugaskan mahasiswa untuk merevisi makalah untuk di serahkan pada akhir perkuliahan.
·     Menutup perkuliahan dengan doa dan salam.
20’

8.      Evaluasi : Evaluasi di lakukan pada prose dan akhir perkuliahan dalam bentuk 3 butir test Essay
9.      Instrument Penilaian :
a.       Jelaskan pengertian perencanaan sistem pembelajaran PAI!
b.      Uraiakan beberapa karakteristik, dan prinsip perencanaan sistem pembelajaran PAI!
c.       Apa  tujuan dan manfaat perencanaan sistem pembelajaran PAI!
SATUAN CARA PERKULIAHAN (SAP) SEMESTER GANJIL 2013
JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS ALKHIRAAT PALU

1.      Kompetensi :
Menjelaskan penggunaan pendekatan sistem dalam merancang pembelajaran PAI.
2.      Sub-Kompetensi : Menjelaskan penggunaan pendekatan sistem dalam perencanaan pembelajaran PAI.
3.      Indicator :
a.       Memahami pengertian sistem dan pembelajaran PAI sebagai sebuah sistem yang harus direncanakan dalam proses belajar mengajar.
b.      Menyebutkan langkah penggunaan  pendekatan sistem dalam merancang pembelajaran PAI.
4.      Tujuan Perkuliahan
a.       Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat menjelaskan pengertian sistem dan pembelajaran PAI sebagai sebuah sistem yang harus di rencanakan dalam proses belajar mengajar.
b.      Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat menyebutkan langkah penggunaan pendekatan sistem dalam merancang pembelajaran PAI
5.      Materi Ajar: Pendekatan sistem dan penggunaan dalam perencanaan pembelajaran PAI.
6.      Model Dan Metode Perkuliahan: Model        : Kooperatif
                                                    Metode        : Diskusi,Tanya jawab,penugasan




7.      Langkah-Langkah Pembelajaran :
Langka Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Kegiatan Awal
● membuka perkuliahan dengan salam do’a
● mempersiapkan kondisi kelas, fisik dan fisikal belajar
   mahasiswa.
● melakukan eppersepsi dan memberikan motifasi
   kuliah.
  menyempaikan tujuan materi perkuliahan pertemuan
   3
    30’
Kegiatan Inti
● dosen memberikan prolog tentang seputar pendekatan
   sistem dan  penggunaan dan dalam perencanaan
   pembelajaran PAI
  dosen membimbing diskusi kelas
  dosen mempersilakan kelompok mahasiswa yang
   sudah di tugaskan untuk presentase makala
  diskusi antara kelompok mahasiswa dari hasil
    presentase pemakalah
● dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk
   mengukur ketercapaian  materi perkuliahan
● dosen mereviu ketepan penyajian makalah yang sudah
   di presentasikan oleh pemakalah
    100’
Kegiatan Penutup
● dosen bersama mahasiswa manarik kesimpulan materi
   yang sudah di diskusikan
● Dosen menugaskan mahasiswa untuk merevisi
   makalah untuk di serakan pada akhir perkuliahan
  dosan mengingatkan kelompok pemakalah pertemuan
   kuliah sekanjutnya.
  menutup perkuliahan dengan do’a
     20’

8.      Evaliasi: Evaluasi di lakukan pada proses dan akhir perkuliahan dalam bentuk 3 butir test essay
9.      Intrumen Penelitian Tulisan:
a.       Jelaskan pengertian sistem
b.      Mengapa pembelajaran PAI di sebut sebagai sistem!
c.       Bagaimana langkah-langkah penggunaan pendekatan sistem dalam perencanaan pembelajaran PAI?
SATUAN CARA PERKULIAHAN (SAP) SEMESTER GANJIL 2012
JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS ALKHIRAAT PALU
1.      Kompotensi
Menjelaskan beberapa teori tentang model-model pembelajaran
2.      Sub-Kompotensi : Menjelaskan beberapa teori tentang model-model pembelajran dalan pendidikan
3.      Indicator:
a.       Mengetahui pengertian model pembelajaran berdasarkan konsep teoritiknya
b.      Menyebutkan beberapa jenis teori tentang model pembelajaran menurut para ahli pendidikan
4.      Tujuan Perkuliahan :
a.       Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat menjelaskan pengertian tentang model pembelajaran berdasarkan konsep teoritiknya.
b.      Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat menyebut beberapa jenis teori tenteng model pembelajaran menurut para ahli pendidikan
5.      Materi Ajar : Teori Tentang Model-Model Pembelajaran
6.      Model Dan Metode Perkuliahan: Model           : Kooperatif Dan Kreatif
             Metode           : Diskusi,Tanya jawab,penugasan







7.      Langkah-Langkah Pembelajara
Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Kegiatan Awal
● membuka perkuliahan dengan salam do’a
● mempersiapkan kondisi kelas, fisik dan fisikal belajar 
    mahasiswa.
● melakukan appersepsi dan memberikan motivasi kuliah.
  menyempaikan tujuan materi perkuliahan pertemuan
   4
    30’
Kegiatan Inti
● dosen memberikan prolog tentang seputar pendekatan
   sistem dan  penggunaan dan dalam perencanaan
   pembelajaran PAI
  dosen membimbing diskusi kelas
  dosen mempersilakan kelompok mahasiswa yang
     sudah di tugaskan untuk presentase makala
  diskusi antara kelompok mahasiswa dari hasil
     presentase pemakalah
● dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk
    mengukur ketercapaian  materi perkuliahan
● dosen mereviu ketepan penyajian makalah yang sudah
    di presentasikan oleh pemakalah
    100’
Kegiatan Penutup
● dosen bersama mahasiswa manarik kesimpulan materi
   yang sudah di diskusikan
● dosen menugaskan mahasiswa untuk merevisi
   makalah untuk di serakan pada akhir perkuliahan
  dosan mengingatkan kelompok pemakalah pertemuan
   kuliah sekanjutnya.
  menutup perkuliahan dengan do’a
     20’

8.      Evaliasi: Evaluasi di lakukan pada proses dan akhir perkuliahan dalam bentuk 3 butir test essay
9.      Intrumen Penelitian Tulisan:
a.       Telaskan pengertian tentang model-model pembelajaran menurut para ahli
b.      Uraikan satu teori model pembelajaran yang dapat di laksanakan dalam pembelajaran PAI!
c.       Sebutkan berapa jenis teori model pembelajaran dalam pendidikan !
SATUAN CARA PERKULIAHAN (SAP) SEMESTER GANJIL 2012
JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS ALKHIRAAT PALU
1.      kompotensi
Mendekrispsikan makna dan langkah-langkah pengembangan model-model pembelajaran PAI
2.      Sub Kompetensi: Menjelaskan makna dan langkah pengembangan model-model pembelajaran PAI
3.      indicator:
a.       Memahami makna dan langkah pengembangan model-model pembelajaran PAI
b.      Mengurutkan  langkah-langkah pengembangan model-model pembelajaran PAI dalam proses pembelajaran
4.      Tujuan Perkuliahan
a.       Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat makna dan langkah pengembangan model-model pembelajaran PAI berdasarkan konsep teoritiknya
b.      Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat mengurutkan langkah pengembangan model-model  pembelajaran PAI dalam proses pembelajaran
5.      Materi Ajar : Pengembangan model-model pembelajaran PAI berdasarkan konsep teoriknya
6.      Model Dan Metode Perkuliahan: Model        : Kooperatif dan kreatif
                                                    Metode        : Diskusi,Tanya jawab,penugasan





7.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Kegiatan Awal
● Membuka perkuliahan dengan salam do’a
● Mempersiapkan kondisi kelas, fisik dan fisikal    
   Belajar mahasiswa.
● Melakukan appersepsi dan memberikan motivasi 
   kuliah.
  menyempaikan tujuan materi perkuliahan  
   pertemuan 5 dan 6
    30’
Kegiatan Inti
● dosen memberikan prolog tentang seputar pendekatan sistem dan  penggunaan dan dalam perencanaan pembelajaran PAI
  dosen membimbing diskusi kelas
  dosen mempersilakan kelompok mahasiswa yang sudah di tugaskan untuk presentase makala
  diskusi antara kelompok mahasiswa dari hasil presentase pemakalah
● dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk  mengukur ketercapaian  materi perkuliahan
● dosen mereviu ketepan penyajian makalah yang
   sudah di presentasikan oleh pemakalah
    100’
Kegiatan Penutup
● dosen bersama mahasiswa manarik kesimpulan 
   materi yang sudah di diskusikan
● dosen menugaskan mahasiswa untuk merevisi
   makalah untuk di serakan pada akhir perkuliahan
  dosan mengingatkan kelompok pemakalah
    pertemuan  kuliah sekanjutnya.
  menutup perkuliahan dengan do’a
     20’

8.      Evaliasi: Evaluasi di lakukan pada proses dan akhir perkuliahan dalam bentuk 3 butir test essay
9.      Instrument penilayan tulisan:
a.       Jelaskan pengertian pengembangan model-model pembelajan dalam PAI!
b.      Bagaimana langkah-langkah pengembangan model-model pembelajaran dalam PAI?
c.       Sebutkan pengembangan model-model pembelajaran PAI mudah dipraktikan oleh guru?

SATUAN CARA PERKULIAHAN (SAP) SEMESTER GANJIL 2012
JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS ALKHIRAAT PALU
1.      Kompetensi
Menjawab soal mid dengan benar
2.      Sub-kompetensi: menjawab soal mid sesuai materi PSPI yang suda di kaji pada pertemuan 1 sampai 6 dengan benar
3.      Indicator
a.       Menjawab soal mid dengan benar sesuai petunjuk mengerjakan soal
b.      Menyelaseikan soal tepat waktunya
4.      Tujuan perkuliahan
a.       Memantapkan penguasaan mahasiswa tentang materi PSPI yang suda di kaji pada pertemuan 1 sampe 6
b.      Mengetahui capaian hasil perkulihan mahasiswa selama triwulan pertama selama masa perkuliahan semester genap dan menjadi bahan refleksi bagi dosen pada perkuliahan selanjutnya
5.      Materi ajar: mid semester
6.      Model dan metode perkuliahan: model    : kooperatif dan kreatif
                                                    metode  : penugasan; menjawab soal mid







7.      Langkah-langkah pembelajaran
Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Kegiatan Awal
● membuka perkuliahan dengan salam do’a
● mempersiapkan kondisi kelas, fisik dan fisikal belajar
   mahasiswa.
● melakukan appersepsi dan memberikan motivasi  kuliah.
  menyempaikan tujuan materi perkuliahan pertemuan  7
    30’
Kegiatan Inti
● dosen memberikan prolog tentang seputar pendekatan
   sistem dan  penggunaan dan dalam perencanaan
   pembelajaran PAI
  dosen membimbing diskusi kelas
  dosen mempersilakan kelompok mahasiswa yang
   sudah di tugaskan untuk presentase makala
  diskusi antara kelompok mahasiswa dari hasil
    presentase pemakalah
● dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk
   mengukur ketercapaian  materi perkuliahan
● dosen mereviu ketepan penyajian makalah yang  sudah
   di presentasikan oleh pemakalah
    100’
Kegiatan Penutup
● dosen bersama mahasiswa manarik kesimpulan materi
   yang sudah di diskusikan
● dosen menugaskan mahasiswa untuk merevisi
   makalah untuk di serakan pada akhir perkuliahan
  dosan mengingatkan kelompok pemakalah pertemuan
   kuliah sekanjutnya.
  menutup perkuliahan dengan do’a
     20’

8.      Evaliasi: evaluasi di lakukan pada proses dan akhir perkuliahan dalam bentuk 3 butir test essay
9.      Instrument penilayan tulisan:
a.       Apakah anda suda siap menghadapi ujian mid semester mata kuliah PSPI hari ini!
b.      Sebutkan beberapa tujuan perlu malaksanakan ujian mid semester!
c.       Apakah anda mampu manjawab semua soai PAI ujian mid semester dengan benar sesuai waktu yang suda di tentukan ?
SATUAN CARA PERKULIAHAN (SAP) SEMESTER GANJIL 2012
JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS ALKHIRAAT PALU
1.      Kompetensi :
Menjelaskan model perencanaan pembelajaran PAI dalam KTSP.
2.      Sub-kompetensi : menjelaskan model pelaksanaan perencanaan pembelajaran PAI dalam KTSP.
3.      Indicator :
a.       Menhetahui model perencanaan pembelajaran PAI dalam KTSP.
b.      Menguraikan langkah-langkah dan komponen perencanaan pembelajaran PAI dalam KTSP
4.      Tujuan perkuliahan :
a.       Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat mengetahui model perencanaan pembelajaran PAI dalam KTSP.
b.      Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat menguraikan langkah-langkah dan komponen perencanaan. Pembelajaran PAI dalam KTSP.
5.      Materi ajar : model perencanaan pembelajaran PAI dalam KTSP.
6.      Model dan metode perkuliahan : model : kooperatif dan kreatif
     Metode : diskusi, Tanya jawab, penugasan.










7.      Langkah-langkah pembelajaran :
Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Kegiatan Awal
·      Membuka perkuliahan dengan salam dan doa
·      Mempersiapakn kondisi kelas, fisik, dan fiksis belajar mahasiswa
·      Melakukan appersepsi dan memberikan motivasi kuliah
·      Menyampaikan tujuan materi perkuliahan pertemuan 8
30’
Kegiatan Inti
·      Dosen memberikan prolog tentang model perencanaan pembelajaran PAI dalam KTSP
·      Dosen membimbing diskusi kelompok di kelas
·      Dosen mempersilahkan kelompok mahasiswa yang sudah di tugaskan untuk presentase makalah
·      Diskusi antara kelompok mahasiswa dari hasil presentase pemakalah.
·      Dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk mengukur ketercapaian tujuan materi perkuliahan.
·      Dosen merviu ketapan penyajian makalah yang sudah dipresentasekan pemakalah
100’
Kegiatan Penutup
·      Dosen bersama mahasiswa menarik kesimpulan materi yang sudah di diskusikan .
·      Dosen menugaskan mahasiswa untuk merevsisi makalah untuk diserahkan pada akhir perkuliahan
·      Menutup perkuliahan dengan doa.
20’

8.      Evaluasi : evaluasi di lakukan pada proses dan aklhir perkuliahan dalam bentuk 3 butir test essay
9.      Instrument penilaian tulisan :
a.       Jelaskan pengertian model perencanaan pembelajaran PAI dalam KTSP
b.      Bagaimana langkah-langkah perencanaan sistem pembelajaran PAI dalam KTSP.
c.       Sebutkan komponen-komponen perencanaan sistem pembelajaran PAI dalam KTSP.
SATUAN CARA PERKULIAHAN (SAP) SEMESTER GANJIL 2012
JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS ALKHIRAAT PALU
1.      Kompetensi :
Mendeskkripsikan perancanaan materi dan alat penilaian yang sinergis dalam pembelajaran PAI.
2.      Sub-kompetensi : mengetahui teknik perencanaan materi dan alat penilaian yang relevan dalam pembelajaran PAI.
3.      Indicator :
a.       Merencanakan materi dan penilaian pembelajaran PAI yang sinergis /relevan.
b.      Mensinergikan perencanaan materi dengan jenis alat penilaian dalam pembelajaran PAI.
4.      Tujuan perkuliahan :
a.       Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat merencanakan materi dan perkuliahan pembelajaran PAI yang relevan.
b.      Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat mensinergikan perencanaan materi dengan jenis alat penilaian dalam pembelajaran PAI.
5.      Materi ajar :  perencanaan materi dan penilaian pembelajaran PAI.
6.      Model dan metode perkuliahan : model : koopertaif dan kreatif
     Metode : diskusi, Tanya jawab, penugasan .








7.      Langkah-langkah pembelajaran :
Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Kegiatan Awal
·   Membuka perkuliahan dengan salam dan doa.
·   Mempersiapakan kondisi kelas, fisik, dan fiksis belajar mahasiswa
·   Melakukan appersepsi dan memberikan motivasi kuliah
·   Menyampaikan tujuan materi perkuliahan pertemuan 9.
30’
Kegiatan Inti
·   Dosen memberikan prolog tentang perencanaan merencanakan materi dan penilaian pembelajaran PAI yang relevan.
·   Dosen membimbing diskusi kelompok di kelas.
·   Dosen mempersilahkan kelompok mahasiswa yang sudah di tugaskan untuk presentase malakah.
·   Diskusi antara kelompok mahasiswa dari hasil presentase pemakalah.
·   Dosen memebrikan beberapa pertanyaan utnuk mengukur ketercapaian tujuan materi perkuliahan.
·   Dosen mereviu ketapan penyajian makalah yang sudah dipresentasikan pemakalah.
100’
Kegiatan Penutup
·   Dosen bersama mahasiswa menarik kesimpulan materi yang sudah di diskusikan .
·   Dosen menugaskan mahasiswa untuk merevsisi makalah untuk diserahkan pada akhir perkuliahan
·   Menutup perkuliahan dengan doa.


8.      Evaluasi : evaluasi di lakukan pada proses dan akhir perkuliahan dalam bentuk 3 butir test essay
9.      Instrument penilaian tulisan :
a.       Jelaskan pengertian perencanaan materi dan alat penilaian dalam pembelajaran PAI!
b.      Bagaimana merencanakan materi dan alat penilaian dalam pembelajaran PAI!
c.       Mengapa perencanaan materi dan alat penilaian dalam pembelajaran PAI harus sinergis/relevan.
SATUAN CARA PERKULIAHAN (SAP) SEMESTER GANJIL 2012
JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS ALKHIRAAT PALU
1.      Kompetensi :
Menganalisa perencanaan strategi pembelajaran PAI yang tepat mencakup metode dan pendekatan.
2.      Sub-kompotensi : menjelaskan perencanaan strategi pembelajaran PAI yang tepat mencakup metode dan pendekatan.
3.      Indicator :
a.       Menjelaskan strategi perencanaan metode dan pendekatan dalam pembelajaran PAI.
b.      Menyebutkan jenis metode dan pendekatan yang sudah di rencanakan dalam strategi pembelajaran PAI.
4.      Tujuan perkuliahan :
a.       Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu merencanakan strategi pembelajaran PAI yangtepat sesuai sifat materi dan situasi belajar yang dibutuhkananak didik.
b.      Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mahasiswa mampu menyebutkan jenis metode pendekatan yang sudah direncanakan dalam strategi pembelajaran PAI.
5.      Materi ajar : perencanaan strategi pem belajaran PAI.
6.      Model dan metode perkuliahan : model : kooperatif dan kreatif
Metode : diskusi, Tanya jawab, penugasan





7.      Langkah-langakah pembelajaran :
Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Kegiatan Awal
·      Membuka perkuliahan dengan salam dan doa
·      Mempersiapkan kondisi kelas, fisikis belajar mahasiswa .
·      Melakukan appersepsi dan memberikan motivasi kuliah.
·      Menyampaikan tujuan perkuliahan pertemuan 10.
30’

Kegiatan Inti
·      Dosen memberikan prolog tentang perencanaan strategi pembelajaran PAI yang tepat mencakup metode dan pendekatan.
·      Dosen pembimbing diskusi kelompok di kelas.
·      Dosen mempersilahkan kelompok mahasiswa yang sudah di tugaskan untuk presentase makalah.
·      Diskusi antara kelompok mahasiswa dari hasil presentase pemakalah.
·      Dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk mengukur ketercapaian tujuan materi perkuliahan.
·      Dosen mereviu ketepan penyajian makalah yang sudah dipresentasikan.  
100’
Kegiatan Penutup
·      Dosen bersama mahasiswa menarik kesimpulan materi yang sudah didiskusikan.
·      Dosen menugaskan mahasiswa unutk merevisi makalah untuk diserahkan pada akhir perkuliahan.
·      Menutup perkuliahan dengan doa.
20’

8.      Evaluasi : evaluasi dilakukan pada proses dan akhir perkuliahan dalam bentuk 3 butir test essay.
9.      Instrument penilaian tulisan :
a.       Jelaskan pengertian perencanaan strategi pembelajaran PAI!
b.      Sebutkan dua unsur penting dalam perencanaan strategi pembelajaran PAI!
c.       Mengapa guru PAI harus memilih metode dan pendekatan yang tepat dalam perencanaan strategi pembelajaran PAI!

SATUAN CARA PERKULIAHAN (SAP) SEMESTER GANJIL 2012
JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS ALKHIRAAT PALU
1.      Kompetensi :  
Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI.
2.      Sub-kompotensi : menjelaskan teknik penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI yang benar
3.      Indicator :
a.       Mengetahui teknik penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI.
b.      Memahami fungsi dan komponen sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI.
4.      Tujuan perkuliahan :
a.       Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu mempraktikkan teknik penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI.
b.       Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu memaparkan fungsi dan komponen sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI.
5.      Materi ajar : praktik penyusunan rencana pembelajaran (RPP) PAI
6.      Model dan metode perkuliahan : model : kooperatif, kreatif, dan praktik
 Metode : Tanya jawab : unjuk kerja, penugasan






7.      Langkah-langkah pembelajaran :
Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Kegiatan Awal
·      Membuka perkuliahan dengan alam dan do’a.
·      Mempersiapkan kondisi kelas, fisik, fisikis belajar mahasiswa.
·      Melakukan appersepsi dan memberikan motivasi kuliah
·      Memnyampaiakan materi perkuliahan pertemuan 11.

30’
Kegiatan Inti
·      Dosen memberikan penjelasan tentang teknik penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI.
·      Dosen membimbing praktik penyusunan RPP PAI di kelas.
·      Dosen mempersilahkan seorang mahasiswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
·      Tanya jawab antara mahasiswa dari hasil kerja RPPnya.
·      Dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk mengukur ketercapaian tujuan penyusunan RPP PAI.
·      Dosen merviu ketepan RPP PAI yang sudah di presentasikan di depan kelas.
100’
Kegiatan Penutup
·      Dosen bersama mahasiswa menarik kesimpulan materi penyusunan RPP PAI.
·      Dosen menugaskan mahasiswa untuk merevisi RPP PAInya untuk di analisa kembali pada perkuliahan berikutnya
·      Menutup perkuliahan dengan doa.
20’

8.      Evaluasi : evaluasi dilakukan pada proses dan akhir perkuliahan dalam bentuk 3 butir test essay
9.      Instrument penilaian tulisan :
a.       Jelaskan pengertian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI!
b.      Uraikan teknik pemuyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI yang benar !
c.       Sebutkan beberapa fungsi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI ?
SATUAN CARA PERKULIAHAN (SAP) SEMESTER GANJIL 2012
JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS ALKHIRAAT PALU
1.      Kompetensi :
Menganalisa kelemahan dan kelebihan rencana pemlaksanaan pembelajaran (RPP) PAI.
2.      Sub-kompetensi : jelaskan kelemahan dan kelebihan pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI yang sudah di susun.
3.      Indicator :
a.       Menemukan kelemahan dan kelebihan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI.
b.      Memperbaiki kelemahan yang terdapat dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI yang sudah di susun.
4.      Tujuan perkuliahan :
a.       Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu menemukan kelemahan dan kelebihan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI.
b.      Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu memperbaiki kelemahan yang terdapat dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI yang sudah di susun.
5.      Materi ajar : menganalisa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI.
6.      Model dan motode perkuliahan : model : kooperatof, kreatif, dan koreltif
Metode : Tanya jawab, penugasan.







7.      Langkah-Langkah Pembelajaran :
Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Kegiatan Awal
·      Membuka perkuliahan dengan salam dan doa.
·      Mempersiapakan kondisi kelas, fisik, fisikis belajar mahasiswa.
·      Melakukan appersepsi RPP PAI pertemuan sebelumnya dan memberikan motivasi kuliah.
·      Menyampaiakan tujuan materi perkuliahan pertemuan 12.
30’
Kegiatan Inti
·      Dosen memberikan penjelasan format RPP PAI yang benar.
·      Dosen membimbing mahasiswa menganalisa RPP PAI di kelas.
·      Dosen mempersilahkan mahasiswa menemukan kelemahan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAInya masing-masing dengan mengacukepada format yang sudah di berikan dosen.
·      Dosen dan mahasiawa sharing tentang kelemahan RPPnya masing-masing.
·      Dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk mengukur ketercapaian tujuan materi perkuliahan.
·      Dosen menunjukan cara memperbaiki RPP PAI yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku .
100’
Kegiatan Penutup
·      Dosen bersama mahasiswa menarik kesimpulan materi yang sudah di kaji.
·      Dosen menugaskan mahasiswa untuk memperbaiki RPP PAInya masing-masing untuk di serahkan pada akhir perkuliahan.
·      Menutup perkuliahan dengan doa.
20’
8.      Evaluasi : evaluasi di lakukan pada proses dan akhir perkuliahan dalam bentuk 3 butir test essay.
9.      Instrument penilaian tulisan :
a.       Jelaskan pengertian menganalisa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI !
b.      Bagaimana cara menemukan kelemahan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI ?
c.       Mengapa RPP PAI perlu di analisa dan di perbaiki sebelum di pergunakan sebagai pedoman pembelajaran di kelas ?
KATA PENGANTAR
            Puji syukur kita panjatkan atas kehadit Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat kesehatan dan kesempatan sehingga Satuan Cara Perkuliahan(Sap) Semester ganjil 2012 Universitas Alkhiraat Palu Jurusan Tarbiyah bisa terselesaikan.
Salawat beserta salam tak lupa pula kita curahkan kepada Nabiullah Muhammad SAW,  beserta sahabat dan para keluarganya,yang telah membawa umat islam dari zaman kegelapan kealam yang terang menderang, yang mana telah kita rasakan saat ini.
            Penulis menyadari sepenuhnya dalam penyusunan Proposal ini, Masih terdapat banyak kekurangan. Baik dari segi penulisan, maupun materi yang telah dilampirkan dalam Satuan Cara Perkuliahan(Sap) Semester Ganjil 2012 Universitas Alkhiraat Palu Jurusan Tarbiyah, hal ini dikarnakan, keterbatasan penguasaan pengetahuan serta daya jangkauan analisis ilmiah dari penulis adalah mencerminkan kesederhanaan Penulisan proposal ini. Maka dari itu, penulis mengharapkan kritikan dan saran yang sifatnya membangun dalam penyusunan proposal berikutnya.

                                                                                                              Palu, 14 Desember 2012
                                                                                                   Penyusun,