- Kelompok model pengolahan informasi atau “The Information Processing Family”. Model pembelajaran pengolahan informasi menitik beratkan pada cara-cara memperkuat dorongan-dorongan internal untuk memahami dunia ini dengan cara menggali dan mengorganisasaikan data, merasakan adanya masalah dan mengupayakan jalan pemecahannya dan mengembangkan bahasa untuk mengungkapkannya.beberapa model dalam kelompok ini memberikan kepada siswa sejumlah konsep, sebagian lagi menitikberatkan pada pembentukan konsep, dan pengetesan hipotesis, dan sebagian lainnya memusatkan perhatian pada pengembangan kemampuan kreatif.
- Kelompok model personal atau “The Personal Family”. Model personal beranak dari pandangan kedirian atau “ selfhood”dari individu. Proses pendidikan sengaja diusahakan untuk memungkinkan siswa dapat memahami diri sendiri dengan kelompok model personal memusatkan perhatian pada pandangan perorangan dan berusaha menggalakkan kemandirian yang produktif, sehingga manusia menjadi sadar diri dan bertanggung jawab atas tujuannya.
- Kelompok model sosial atau “The Social Family”. Kelompok model sosial ini dirancang untuk memanfatkan kerjasama. Dengan kerjasama dapat membangkitkan dan menghimpun tenaga atau “energy” secara bersama yang kemudian disebut “synergy”
- Kelompok model sistem prilaku “ The Behavioral Family”. Dasar teoritik umum dari kelompok model ini adalah teori-teori belajar social “social learning theoris”. Model ini dikenal pula sebagai model modifikasi prilaku atau “Bihavioral Modification”. Terapi prilaku atau “Behavioral The Therapy”, dan Sibernetika atau “Cybernetics”. Dasar pemikiran dari kelompok model ini ialah sistem komunikasi yang mengoreksi sendiri yang memodifikasi prilaku dalam hubungannya dengan bagaimana tugas-tugas dijalankan dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, model ini memusatkan perhatian pada prilaku yang terobservasi atau “overt bahavior”, dan metode dan tugas yang diberikan dalam rangka mengkomunikasikan keberhasilan.
Baca Juga
- Pengertian Dan Sejarah Peradaban Menurut Ahli
- Pengertian Metode Latihan Terbimbing dalam Pembelajaran Menurut Ahli
- Pengertian Media Berita dalam Pembelajaran Menurut Ahli
- Contoh Surat Dinas Resmi Sekolah Yang Benar
- Contoh Surat Keterangan Kematian
- Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit
- bentuk-bentuk kawat dan jenis-jenis fhoto kawat
- Pengertian Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Menurut Ahli
- Pengertian Efektifitas Menurut Ahli
- Pengertian Cooperative Learning Menurut Ahli
- Pengertian Dan Pemberdayaan Masyarakat Menurut Ahli
- Pengertian Operasi Dan Pemeliharaan Menurut Ahli
- Pengertian Perencanaan Pembangunan Menurut Ahli
- Pengertian Hutan, Jenis Hutan Dan Manfaatnya
- Pengertian Filsafat Matematika Menurut Ahli
- Pengertian Dan Faktor-faktor Kemandirian Menurut Ahli
- Model pencapaian konsep nilai/moral
- Model berfikir induktif mengenai nilai moral atau “Indicutive Thinking”
- Model latihan penelitian masalah nilai moral atau “Inquiry Training”
- Model pemandu awal atau “ Advence Organizers”
- Model memorisasi “ Memorization”
- Model pengembangan intelek “Developing Intelect”.
- Model penelitian ilmiah “Scientific inquiry”.
- Model investigasi kelompok “Group Investigation”
- Model bermain peran “Role Playing”
- Model penelitian yurisprudensi “Jurisprudential Inquiry”
- Model latihan laboratoris “Laboratory Training”.
- Model penelitian sosial “Social Science Inquiry”.
- Model pembelajaran tanpa arahan “Non Directive Teaching”.
- Model sinektiks “Synectics Model”.
- Model latihan kesadaran “Awareness Training”.
- Model Pertemuan kelas “ Classroom meething”.
- Model belajar tuntas, pembelajaran langsung, dan teori belajar sosial “Master Learning, Direct Instruction, and Social Learning Theory”.
- Model belajar kontrol diri “Learning Self-Control”.
- Model latihan ketrampilan dan pengembangan konsep “ Training for Skills and Concept Development”.
- Model latihan Asertif “Assertive Training”.