- adanya kesatuan gagasan;
- penggunaan kalimat yang jelas;
- paragraf disusun dengan baik;
- penerapan kaidah ejaan yang benar; dan
- penguasaan kosakata yang memadai.
- keterampilan gramatikal,
- penuangan isi,
- keterampilan stilistika,
- keterampilan mekanis, dan
- keterampilan memutuskan (Heaton dalam St.Y. Slamet, 2008: 142).
- Gagasan Topik yang berupa pendapat, pengalaman, atau pengetahuan seseorang. Gagasan seseorang tergantung pengalaman masa lalu atau pengetahuan yang dimilikinya.
- Tuturan Merupakan pengungkapan gagasan yang dapat dipahami pembaca. Ada bermacam-macam tuturan, antara lain narasi, deskripsi, dan eksposisi, argumentasi, dan persuasi.
- Tatanan Tatanan merupakan aturan yang harus diindahkan ketika akan menuangkan gagasan. Berarti ketika menulis tidak sekedar menulis harus mengindahkan aturan-aturan dalam menulis misalnya:
- Wahana Wahana juga sering disebut dengan alat. Wahana berupa kosakata, gramatika, retorika (seni memakai bahasa). Bagi penulis pemula, wahana sering menjadi masalah. Mereka menggunakan kosakata, gramatika, retorika yang masih sederhana dan terbatas.
- isi karangan,
- bentuk karangan,
- tata bahasa,
- gaya,
- ejaan dan tanda baca.
- Dengan menulis dapat lebih mengenali kemampuan dan potensi pribadi yang berkaitan dengan permasalahan yang sedang ditulis.
- Melalui kegiatan menulis dapat mengembangkan berbagai gagasan atau pemikiran yang akan dikemukakan.
- Dari kegiatan menulis dapat memperluas wawasan kemampuan berpikir, baik dalam bentuk teoritis maupun dalam bentuk berpikir terapan.
- Permasalahan yang kabur dapat dijelaskan dan dipertegas melalui kegiatan menulis.
- Melalui tulisan dapat menilai gagasan sendiri secara objektif.
- Dalam konteks yang lebih konkret, masalah dapat dipecahkan dengan lebih melaui tulisan.
- Dengan menulis dapat memotivasi diri untuk belajar dan membaca lebih giat. Penulis menjadi penemu atau pemecah masalah bukan sekedar menjadi penyadap informasi dari orang lain.
- Melalui kegiatan menulis dapat membiasakan diri untuk berpikir dan berbahasa secara tertib.
Baca Juga
- Pengertian Cooperative Learning Menurut Ahli
- Pengertian Dan Pemberdayaan Masyarakat Menurut Ahli
- Pengertian Operasi Dan Pemeliharaan Menurut Ahli
- Pengertian Perencanaan Pembangunan Menurut Ahli
- Pengertian Hutan, Jenis Hutan Dan Manfaatnya
- Pengertian Filsafat Matematika Menurut Ahli
- Pengertian Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Menurut Ahli
- Pengertian Efektifitas Menurut Ahli

- Berupa cerita tentang peristiwa atau pengalaman manusia;
- Kejadian atau peristiwa yang disampaikan dapat berupa peristiwa atau kejadian yang benar-benar terjadi, dapat berupa semata-mata imajinasi, atau gabungan keduannya;
- Berdasarkan konflik. Karena, tanpa konflik biasanya narasi tidak menarik;
- Memiliki nilai estetika karena isi dan cara penyampainnya bersifat sastra, khususnya narasi yang berbentuk fiksi;
- Menekankan susunan kronologis (catatan: menekankan susunan ruang)
- Biasanya memiliki dialog

- persiapan, yaitu mengelompokkan dan memulai menulis;
- draft-kasar, yaitu mencari dan mengembangkan gagasan;
- berbagi, memberikan draft tulisan untuk di baca orang lain dan mendapatkan umpan balik;
- perbaikan, yaitu memperbaiki tulisan;
- penyuntingan, adalah memperbaiki semua kesalahan, tata bahasa, dan tanda baca;
- penulisan kembali, memasukkan isi yang baru dan perubahan penyuntingan; dan
- evaluasi, yaitu memeriksa apakah sudah selesai ataukah belum.
- Prinsip keterulangan (recurring principle): anak menyadari bahwa dalam suatu kata bentuk yang sama terjadi berulangulang.
- Prinsip generatif (generative principle): anak menyadari bentukbentuk tulisan secara lebih rinci, menggunakan beberapa huruf dalam kombinasi dan pola yang beragam.
- Konsep tanda (sign concept): anak memahami kearbirteran tanda-tanda dalam bahasa tulis.
- Fleksibelitas (flexibility): anak menyadari bahwa suatu tanda secara fleksibel dapat menjadi tanda yang lain.
- Arah tanda (directionality): anak menyadari bahwa tulisan bersifat linier, bergerak dari satu huruf yang lain sampai membentuk suatu kata, dari arah kiri menuju kea rah kanan, bergerak dari baris yang satu menuju baris yang lain.
- kualitas dan ruang lingkup isi,
- organisasi dan penyajian isi,
- gaya dan bentuk bahasa,
- mekanik: tata bahasa, ejaan, tanda baca, kerapian tulisan, dan kebersihan, dan
- respon efektif guru terhadap karya tulis.

