Baca Juga

PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI EDUKATIF
1. Pengertian Edukatif 
Edukasi adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi edukatif adalah bersifat mendidik dan berkenaan dengan pendidikan.

2. Ciri-Ciri Edukatif 
Edukatif dapat dimaknai sebagai cara pandang atau perilaku yang berbasis pertimbangan-pertimbangan nilai dan kebermanfaatan atas suatu tindakan dan pemikiran. Menurut Edi Suryadi dan Kusnendi (2010:608), ciri-ciri perilaku edukatif adalah sebagai berikut. 
  1. Disiplin 
  2. Kebutuhan untuk mampu mengontrol, mengendalikan, mengekang diri terhadap keinginan-keinginan yang melampaui batas 
  3. Keterkaitan dengan kelompok masyarakat yang ada dalam suatu komunitas kehidupan
  4. Otonomi dalam makna menyangkut keputusan pribadi dengan mengetahui dan memahami sepenuhnya konsekuensi-konsekuensi dari tindakan atau perilaku yang diperbuat 
  5. Inisiatif
  6. Etos kerja tinggi 
  7. Berbudi luhur 
  8. Toleran
  9. Patriotik 
  10. Berorientasi ke ilmu pengetahuan dan teknologi 
3. Pusat Apresiasi Sastra yang Bersuasana Rekreatif dan Edukatif 
Keunikan pusat apresiasi sastra adalah terwujudnya pusat apresiasi sastra yang rekeatif dan edukatif bagi sastrawan dan masyarakat. Dalam mengatasi permasalahan bahwa masyarakat umum belum terlalu mengenal pusat apresiasi sastra yang ada saat ini, maka pusat apresiasi sastra bagi sastrawan dan masyarakat yang edukatif saja tidaklah cukup. 

Agar dapat menarik perhatian masyarakat untuk lebih mengapresiasi sastra, maka pusat apresiasi sastra selain bersifat edukatif, perlu dibuat dengan suasana yang rekreatif. Pusat apresiasi sastra yang edukatif dan rekreatif memungkinkan masyarakat untuk dapat lebih mengapresiasi karya sastra. Selain dapat memperoleh pendidikan mengenai sastra, masyarakat dapat terhibur oleh adanya beberapa kegiatan dan suasana rekreatif yang diadakan di dalam pusat apresiasi sastra. Pusat apresiasi sastra yang bersuasana rekreatif dan edukatif dapat dijabarkan dalam tabel sebagai berikut.

Tabel Penerapan Rekreatif dan Edukatif dalam Pusat Apresiasi Sastra