LKS IPA SMP : IPA dan Objek Pengamatan - Berikut saya posting LKS berikutnya mengenai LKS tentang IPA dan Objek Pengamatan dimana pada potingan sebelumnya saya sudah pernah posting mengenai kumpulan LKS IPA SMP tetapi mungkin ada yang kurang lengkap sehingga saya lengkapkan sedikit demi sedikit sehingga semakin mudah bagi guru semua mencarinya.

Dimana beberapa postingan yang lalu juga ada lks smp ipa 7 semester 1 dan lks smp ipa 7 semester 2
lks ipa 2 yang begitu sepenuhnya lengkap yang saya posting sehingga saya terus mengupdate yang terbaru demi kemajuan anak bangsa kita semuanya. Kurikulum 2013 ini memang sekilas pandang kita sebagai guru lebih mengetahui lagi bagaimana proses belajar mengajar di kelas sebagai pemandu sehingga hampir setiap kegitan siswa bekerja baim perseorangan maupun kelompok yang intinya poin penting mendidik anak memiliki jiwa yang mandiri. salam berbagi. 

LKS IPA SMP : IPA dan Objek Pengamatan


Berikut saya silahkan di ambil mengenai LKS IPA SMP : IPA dan Objek Pengamatan berikut ini: 
                                                           
                                                           LEMBAR KERJA SISWA
( LKS 1)

Mata Pelajaran           : IPA
Kelas / Semester        : VII / 1
Topik                         : Obyek IPA dan Pengamatannya
Sub Topik                  : Melakukan pengamatan(Observasi)

A. Tujuan :
     Siswa dapat mengagumi ciri-ciri fisik temannya sesama jenis sebagai makhluk   ciptaan Tuhan.

B.  Alat dan Bahan :
      Lingkungan kelasmu
C.  Cara kerja :
1. Buat kesepakatan dengan temanmu sesama jenis, siapa yang diamati lebih dulu!
2. Lakukan pengamatan terhadap temanmu menggunakan indera mata! Amati tinggi badan, warna kulit,   bentuk rambut, berat tubuh (kurus/gemuk), dan kelengkapan anggota tubuh (lengkap/tidak).
3.Tuliskan hasil pengamatanmu. Ingat, hanya hasil pengamatan, bukan tafsiran terhadap  pengamatan!
    
NO
NAMA SISWA
TINGGI BADAN
WARNA KULIT
BERAT TUBUH( KURUS/GEMUK
KELENGKAPAN ALAT TUBUH( LENGKAP/TIDAK)
KET
1
2
3
5
6
7
8

4. Bandingkan hasil pengamatanmu dengan hasil pengamatan temanmu. Adakah yang berbeda? ………….Mengapa hasilnya demikian? …………………………………….
5.  Apakah yang memengaruhi hasil pengamatan tersebut?.....................................
6.  Buatlah kesimpulan dari kegiatan di atas!......................................................................


LEMBAR KERJA SISWA
( LKS 2)

Mata Pelajaran             : IPA
Kelas / Semester          :   VII / 1
Topik                           :   Obyek IPA danPengamatannya
Sub Topik                    :  Peyelidikan IPA


Tujuan :
Siswa  dapat menyajikan hasil pengamatan,memprediksi dan mengkomonikasikan hasil pengamatan
                             
Alat dan Bahan :
      1. Kertas tissue.
      2. Spidol
      3. Beker gelas
      4. Air
Urutan kerja:
1.    Potong kertas isap atau kertas tisu dengan ukuran 4 x12 cm!
2.  Gambarkan atau beri garis dengan spidol (atau pena) hitam 2 cm dari ujung kertas   saring tersebut!
3.   Ambil beaker glass atau gelas bekas air mineral, isi dengan air setinggi 1 cm


4.Deskripsikan hasil pengamatanmu………………………………….


Buatlah prediksi: Apa yang akan terjadi pada garis hitam tersebut, setelah kertas tisu dicelupkan beberapa saat ke dalam air? ………………………………..



      4. Celupkan kertas tisu di air, dengan posisi garis berada sedikit di atas permukaan air!
Presentasikan hasil pengamatanmu!................................................

e.Diskusikan jika perkiraanmu berbeda dengan kenyataannya…………
f.Kesimpulan……………………………………………………………………



LEMBAR KERJA SISWA
( LKS 3)

Mata Pelajaran       :   IPA
Kelas / Semester    :   VII / 1
Topik                      :   Obyek IPA danPengamatannya
Sub Topik              :  Pengukuran Sebagai Bagian dari Pengamatan

   Tujuan :
     Siswa dapat melakukan pengukuran dengan menggunakan satuan yang tepat.
   Alat dan Bahan :
     Lingkungan sekitar
   Cara kerja :
1.      Amatilah apa saja yang ada disekitarmu dan tuliskan besaran apa yang dapat diukur dan yang tidak dapat diukur,
2.      Lakukan pengukuran pada obyek yang dapat diukur dengan menggunakan alat ukur baku dan tidak baku.
3.      Kemudian masukkan data hasil pengukuran pada tabel pengamatan !

  Tabel Pengamatan :
No
OBYEK YANG DIAMATI
BESARAN YANG DAPAT DIUKUR
BESARAN YANG TIDAK DAPAT DIUKUR
HASIL PENGUKURAN
SATUAN
1
Tempat pensil
tinggi
warna
14,5
cm
2
Meja
panjang
bau
3,5
jengkal
3
Jendela
lebar
rasa
3/4
depa
4
dusgrep
panjang
Bau
20 cm 7 ml
cm
5
Meja
Panjang
Permukaan
3 ½ jengkal
jengkal
6
Buku gambar
Panjang
perasaan
P :30,L : 30
cm
7
Papan ujian
panjang
bau
P : 34,5
cm
8
stabiilo
panjang
bau
12
cm
9
meja
panjang
permukaan
3
jengkal
10
Gagang sapu
panjang
bau
25
inci

Pertayaan :
1.    Jelaskan pengertian mengukur !
Jawab ...........................................................................................................................
............................................................................................................................
.Bandingkan hasil pengukuran kelompokmu dengan kelompok lain! Samakah hasil pengukuran yang diperoleh? Mengapa demikian ?...................................
2.    Tuliskan3 syarat suatu satuan dikatakan bersifat standar atau baku!
Jawab. ............................................................................................................................
............................................................................................................................
3.    Sebutkan 2contoh manfaa tpengukuran besaran dalam kehidupan seharihari ?
Jawab ..........................................................................................................
4.    Kesimpulan apa yang dapat kamu ambil dari kegiatan ini ?..............................



Demikian yang dapat saya poting mengenai LKS IPA SMP tentang Objek IPA dan Pengamatan.