Baca Juga


Cara Terbaru Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Via Online ini lebih praktis dan mudah dibanding cara yang lama. Tentu dengan semakin canggihnya tekhnologi sekarang ini, untuk mengetahui saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek sudah tidak perlu lagi repot-repot mendatangi kantornya. Bisa dilakukan sendiri di rumah sambil ngupil, yaitu dengen mengecek melalui SMS atau melalui internet.

Ada banyak penyebab kenapa peserta BPJS TK/Jamsostek belum mencairkan saldo JHT-nya. Seperti belum memenuhi syarat ataupun memang sengaja dibiarkan dulu untuk tabungan. Konon kabarnya, membiarkan uang tersimpan di Jamsostek, bunganya lebih besar daripada menabung di bank. Entah benar entah tidak aku juga belum sempat mensurvey-nya. Dan bagi orang-orang yang belum ingin mencairkan uangnya, pasti tetap ingin tahu jumlah saldonya sudah berapa.

Sebelumnya aku sudah membahas Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Lewat SMS, kali ini giliran Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Online melalui layanan Personal Service yang baru-baru diluncurkan BPJS Ketenagakerjaan. Kebetulan sekarang website BPJS TK sudah memakai responsive templete, jadi tampilannya tidak akan jauh berbeda saat dibuka melalui perangkat apapun. Mau dibuka lewat handphone, tablet, laptop, komputer tampilannya kurang lebih sama. Hal ini membuat kita semakin tidak sulit untuk mengakses website-nya demi mengecek saldo JHT ataupun keperluan-keperluan lainnya.


Tapi untuk bisa cek saldo via online, kita wajib memiliki akun terlebih dahulu. Nah untuk membuat akun silahkan masuk ke website BPJS ketenagakerjaan untuk regitrasi, atau lebih gampangnya langsung saja klik ini REGISTRASI AKUN.

Di halaman Form Pendaftaran tersebut, isi dengan data yang lengkap dan benar jangan sampai ada yang ketinggalan. Mulai dari No Kartu Peserta Jamsostek, Nama, Tanggal lahir, No E-KTP, Nama Ibu Kandung, No handphone dan email. Untuk yang lahirnya di bawah tanggal 10, jangan lupa tambah angka 0 sebelum angka tanggal lahir. Misalnya lahirnya tanggal 5, maka penulisan yang benar adalah 05. Email dan nomor hanphone sebaiknya diisi dengan email dan nomor handphone milik kita sendiri. Lalu setelah data terisi semua, masukan kode keamanan yang tertera di sana.

Contoh form pendaftaran akun BPJS TK online
Form pendaftaran akun
Masih di halaman yang sama. Baca dan pahami ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Jika sudah, jangan lupa berikan centang bahwa kita setuju dengan ketentuan-ketentuan tadi. Kemudian klik 'Submit Data' untuk pengajuan registrasi akun.

Jika data-data yang kita isi dalam pendaftaran tadi benar dan cocok dengan data yang sudah tersimpan di database kantor BPJS Ketenagakerjaan, kita akan mendapat email berisi PIN yang nantinya kita gunakan untuk password sign in ke akun kita. Biasanya email balasan ini kita terima antara setengah jam sampai setengah hari setelah pendaftaran.

Selain menerima PIN dari email, kita juga akan menerima PIN lewat SMS. PIN yang dikirim lewat SMS akan berbeda dengan yang dikirim lewat email, karena fungsinya juga memang tidak sama. PIN yang dikirim via email fungsinya adalah sebagai password saat kita sign in. Sementara PIN yang dikirin lewat SMS gunanya untuk aktivasi setelah kita sign in.

Setelah kita punya akun beserta PIN/Password-nya, kita sudah bisa cek saldo JHT kita via online. Caranya masuk ke website BPJS Ketenagakerjaan, kemudian log in dengan memasukan user ID kita, user ID boleh no E-KTP ataupun email yang kita gunakan untuk mendaftar. Lalu masukan PIN/Password yang sudah dikirim lewat email. Kemudian klik 'Sign In'.

Setelah masuk dan berada di Home website BPJS Ketenagakerjaan, selanjutnya klik Profil, kemudian klik Layanan, lalu pada kolom Layanan Cek Saldo JHT klik tombol Aktivasi. Kemudian masukan PIN yang sudah kita terima melalui SMS, setelah itu klik Enter.

Sampai disitu tahap aktivasi sudah selesai. Lalu untuk mengetahui saldo kita cukup kembali ke halaman utama dengan cara klik Home, lalu klik Cek Saldo JHT, dan terkhir klik Submit. Selanjutnya website akan menampilkan saldo uang JHT BPJS Ketenagakerjaan kita jumlahnya sudah berapa. Silahkan dilihat-lihat sepuasnya.

Setelah puas kita bisa kembali ke Home, dan berselancar dengan meng-klik menu-menu layanan online BPJS Ketenagakerjaan lainnya, seperti informasi rincian Saldo JHT tahunan, informasi Profil kita, simulasi Saldo JHT, dan juga Formulir pengajuan Klaim secara online.

Menu layanan BPJS TK online

Demikianlah Cara Terbaru Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Via Online. Tentu jika dibandingkan dengan cek saldo lewat SMS, cek via online jauh lebih lengkap dan lebih memuaskan. Rasanya sama kayak mengecek langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Makanya bagi teman-teman yang menjadi peserta BPJS TK/Jamsostek tapi belum memiliki akun, tidak ada salahnya untuk segera mendaftar. Manfaatnya banyak. Terima kasih.