Baca Juga

Untuk mengetahui saldo JHT Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan dengan beragam cara. Bisa dengan datang langsung ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat, cek via ATM, cek via internet, dan yang paling praktis adalah cek via SMS.

Sayangna untuk mengecek lewat ATM, saat ini hanya baru bisa dilakukan lewat ATM BNI (Bank Negara Indonesia) saja. Mudah-mudahan kedepannya juga bisa dilakukan lewat bank-bank yang lainnya. Tapi harap diingat, di ATM kita hanya bisa melihat saldo-nya saja, tidak bisa ditarik tunai ataupun dicairkan.

Sebenarnya tanpa perlu kita cek sekalipun, pihak BPJS Ketenagakerjaan setiap tahun akan mengeluarkan slip Informasi Saldo Jaminan Hari Tua yang berisi rincian dan total saldo dalam tahun tersebut. Namun terkadang ada juga yang tidak sabar menunggu setahun dan penasaran dengan jumlah saldo-nya sudah berada di angka berapa.

Dan juga selebaran Informasi Saldo Jaminan Hari Tua tersebut hanya diberikan jika pesertanya masih aktif bekerja. Jika sudah tidak bekerja, pihak BPJS Ketenagakerjaan tidak akan mengeluarkannya lagi. Sehingga untuk tetap bisa mengetahui jumlah saldo terakhir, kita harus berusaha sendiri, salah satunya dengan cara cek via SMS.



Langkah-langkah untuk cek saldo JHT via SMS adalah sebagai berikut:

Siapkan Hanphone dan Kartu BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek. Pertamanya kita harus regitrasi dulu untuk memperoleh no ID kita. Caranya dengan kirim SMS dengan format:

REG#Nomor BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek#Tanggal Lahir#Nama Ibu kandung

Lalu kirim ke 08111009696

Contoh:

REG#02D00046856#261187#Suprapti

Kemudian kirim ke 08111009696

Setelah SMS kita terkirim, nanti akan dibalas kurang lebih seperti ini:

TERIMA KASIH TELAH MENDAFTAR DAN NO ID ANDA 123456789. UNTUK MENGETAHUI SALDO ANDA, KETIK SALDO#ID_ANDA

No ID 123456789 itu hanyalah contoh saja. Dan setelah mengetahui No ID-nya, kita sudah bisa menggunakannya untuk cek saldo JHT via SMS. Caranya kirim SMS dengan format sesuai yang diterangkan dalam SMS balasan tadi.

SALDO#NO_ID

Dan kirim ke 08111009696

Contoh:

SALDO#123456789

Kemudian kirim ke 08111009696

Jika berhasil, nanti kita akan mendapat balasan kurang lebih seperti ini:

SALDO JHT ANDA NO. ID 123456789 S.D 30 05 2015 RP.8.000.000

Itu artinya hingga tanggal 30 Mei 2015 jumlah saldo kita adalah sebesar 8 juta rupiah.

Sebenarnya cek saldo Jamsostek lewat SMS terbilang sangat mudah dan praktis. Bisa menggunakan hanphone tipe apa saja yang penting ada pulsanya. Juga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja asalkan sinyalnya ada. Tapi terkadang entah karena apa, registrasi sering error dan gagal. Semoga kedepannya BPJS Ketenagakerjaan semakin lebih baik pelayanannya via SMS.

Demikianlah cara mengetahui saldo Jamsostek lewat SMS. Semoga bisa membantu teman-teman yang sedang membutuhkannya. Atau bagi yang tidak punya handphone, sehingga tidak bisa cek via SMS, teman-teman bisa datang ke warnet atau ngerental handphone yang sudah ada fasilitas internet, untuk Cek Saldo Jamsostek Via Online.

******