Baca Juga


Banyak hal yang harus diperhatikan dalam berkain dan berkerudung, mulai dari memilih padu padan warna, bahan atasan dan bahan kain, motif kain, cara melilit kain sesuai tubuh, detail pada busana maupun kerudung, asesoris yang dipakai dan tidak lupa memperhatikan pula adat dan budaya yang berlaku.

Dalam memilih motif, cenderung memilih yang bermotif vertikal baik pada kain maupun pada tumpal sehingga akan lebih kelihatan ramping. Sedangkan dalam memilih warna, hindari warna-warna, seperti maroon, ungu tua dan sebagainya di pagi hari. Juga hindari bahan mengkilap dan payet yang berkilau untuk pagi dan siang hari.

Kita di Indonesia, memiliki beragam budaya, mau tak mau kita sebaiknya mencari informasi sebanyak-banyaknya jika kita akan menghadiri acara adat dan berniat untuk memakai kain, supaya kita tidak salah memilih motif kain dan cara berkain.

Memang jika dipikir, terasa rumit untuk tampil serasi, tapi jika sudah biasa, rasanya semua akan berjalan secara otomatis.

Sahabat GPS Wisata Indonesia, diambil dari Seri Serasi dan Gaya Berkain oleh Tini Sardadi dan Amy Wirabudi, terdapat beragam cara memakai kain sebagai berikut:

1. Lilitan Kain

Dengan menjahit beberapa kupnat di sepanjang kain serta memberi tali di kedua ujung kiri kanannya. Melilitkan kain ini menjadi lebih cepat.



2. Practical Sarong

Kain bertumpal bisa saja dikenakan seperti melilit Sarung. Tetapi ada pilihan lain mengenakannya yaitu dengan mengikatnya terlebih dahulu. Cukup sematkan 4 peniti di sepanjang lipatan atasnya. Dalam sekejap, kain pun membalut tubuh dengan nyaman.



3. A-Tail

Hanya dengan sehelai kain tak bertumpal dan 3 peniti. Anda mendapatkan gaya berkain yang menyerupai gaun Draperi menyapu lantai.



4. Bodo Kontemporer

Dengan sebuah karet gelang, melilit kain gaya Makassar ini menjadi lebih mudah. Selain karet gelang, cukup siapkan kain Sarung dan 4 peniti. Lalu tambahkan Bros untuk finishing touch yang mempesona.



5. Praktisnya Wiron

Pemakaian helai warisan budaya ini menjadi lebih mudah dengan hadirnya ritsleting yang menyatukan bagian tertentu tanpa perlu memotong kain berharga ini.

 Kain yang sudah diwiron dan dijahit tanpa memotong, dikenakan seperti memakai rok, tutup ritsletingnya.