Baca Juga
kali ini saya akan menshare tentang cara membuat rumus-rumus volume bola , tabung , prisma dan kerucut. Oke bisa kita lihat disini hasilnya, saya menggunakan textcolor hanya untuk memperindah saja tidak ada pengaruhnya ke dalam program yang akan dihasilkan.
Yang Pertama Volume Bola hasilnya
program diatas kita hanya perlu memasukkan input jari-jari yang diinginkan nanti udah deh akan muncul hasilnya
source codenya:
program Volume_bola;
uses crt;
var
r,r2:integer;
hasil1,hasil2: real;
const
phi=3.14;
empatpertiga=1.33;
begin
clrscr;
textcolor(yellow);writeln('masukkan jari-jari: '); readln(r);
r2:=r*r*r;
hasil1:=phi*r2*empatpertiga;
textcolor(red);writeln('tunggu sebentar.....!!');
delay(500);
textcolor(Blue+128);writeln('Volume Bola: ',hasil1:2:3);
readkey;
end.
Yang kedua volume tabung
hasilnya seperti ini
cara kerjanya sama dengan volume bola tinggal memsaukkan jari-jari dan tingginya saja
source codenya:
program Volume_tabung;
uses crt;
var
r,r2,tinggi:integer;
hasil1,hasil2: real;
const
phi=3.14;
begin
clrscr;
textcolor(yellow);writeln('masukkan jari-jari: '); readln(r);
r2:=r*r;
hasil1:=phi*r2;
writeln('tunggu sebentar.....!!');
delay(500);
textcolor(red+128);writeln('Luas alasnya: ',hasil1:2:3);
textcolor(yellow);writeln('masukkan tinggi tabung: ');readln(tinggi);
hasil2:=hasil1*tinggi;
textcolor(blue+128);writeln('Volume Tabung= ',hasil2:2:3);
readkey;
end.
Yang ketiga volume kerucut
hasilnya seperti ini:
cara kerja sama dengan volume sebelumnya
source codenya:
program Volume_kerucut;
uses crt;
var
r,r2,tinggi:integer;
hasil1,hasil2: real;
const
phi=3.14;
sepertiga=0.33;
begin
clrscr;
textcolor(yellow);writeln('masukkan jari-jari: '); readln(r);
r2:=r*r;
hasil1:=phi*r2;
writeln('tunggu sebentar.....!!');
delay(500);
textcolor(red+128);writeln('Luas alasnya: ',hasil1:2:3);
textcolor(yellow);writeln('masukkan tinggi Kerucut: ');readln(tinggi);
hasil2:=hasil1*tinggi*sepertiga;
textcolor(blue+128);writeln('Volume Limas Segitiga = ',hasil2:2:3);
readkey;
end.
Yang terakhir volume prisma
hasilnya:
sama caranya seperti diatas
source codenya:
program Volume_prisma;
uses crt;
var
a,t,tinggi:integer;
hasil1,hasil2: real;
const
setengah=0.5;
begin
clrscr;
textcolor(yellow);writeln('masukkan alas: '); readln(a);
textcolor(yellow);writeln('masukkan tinggi: '); readln(t);
hasil1:=a*t*setengah;
writeln('tunggu sebentar.....!!');
delay(500);
textcolor(red+128);writeln('Luas alasnya: ',hasil1:2:3);
textcolor(yellow);writeln('masukkan tinggi prisma: ');readln(tinggi);
hasil2:=hasil1*tinggi;
textcolor(blue+128);writeln('Volume Prismanya = ',hasil2:2:3);
readkey;
end.
mungkin cukup sekian dulu postingan dari saya mohon maaf apabila ada kesalahan karena saya juga baru belajar ^^, semoga dapat membantu kalian semua yang membutuhkan ^^
jangan lupa follow dan berkomentar lah setidaknya ^^
Yang Pertama Volume Bola hasilnya
program diatas kita hanya perlu memasukkan input jari-jari yang diinginkan nanti udah deh akan muncul hasilnya
source codenya:
program Volume_bola;
uses crt;
var
r,r2:integer;
hasil1,hasil2: real;
const
phi=3.14;
empatpertiga=1.33;
begin
clrscr;
textcolor(yellow);writeln('masukkan jari-jari: '); readln(r);
r2:=r*r*r;
hasil1:=phi*r2*empatpertiga;
textcolor(red);writeln('tunggu sebentar.....!!');
delay(500);
textcolor(Blue+128);writeln('Volume Bola: ',hasil1:2:3);
readkey;
end.
Yang kedua volume tabung
hasilnya seperti ini
cara kerjanya sama dengan volume bola tinggal memsaukkan jari-jari dan tingginya saja
source codenya:
program Volume_tabung;
uses crt;
var
r,r2,tinggi:integer;
hasil1,hasil2: real;
const
phi=3.14;
begin
clrscr;
textcolor(yellow);writeln('masukkan jari-jari: '); readln(r);
r2:=r*r;
hasil1:=phi*r2;
writeln('tunggu sebentar.....!!');
delay(500);
textcolor(red+128);writeln('Luas alasnya: ',hasil1:2:3);
textcolor(yellow);writeln('masukkan tinggi tabung: ');readln(tinggi);
hasil2:=hasil1*tinggi;
textcolor(blue+128);writeln('Volume Tabung= ',hasil2:2:3);
readkey;
end.
Yang ketiga volume kerucut
hasilnya seperti ini:
cara kerja sama dengan volume sebelumnya
source codenya:
program Volume_kerucut;
uses crt;
var
r,r2,tinggi:integer;
hasil1,hasil2: real;
const
phi=3.14;
sepertiga=0.33;
begin
clrscr;
textcolor(yellow);writeln('masukkan jari-jari: '); readln(r);
r2:=r*r;
hasil1:=phi*r2;
writeln('tunggu sebentar.....!!');
delay(500);
textcolor(red+128);writeln('Luas alasnya: ',hasil1:2:3);
textcolor(yellow);writeln('masukkan tinggi Kerucut: ');readln(tinggi);
hasil2:=hasil1*tinggi*sepertiga;
textcolor(blue+128);writeln('Volume Limas Segitiga = ',hasil2:2:3);
readkey;
end.
Yang terakhir volume prisma
hasilnya:
sama caranya seperti diatas
source codenya:
program Volume_prisma;
uses crt;
var
a,t,tinggi:integer;
hasil1,hasil2: real;
const
setengah=0.5;
begin
clrscr;
textcolor(yellow);writeln('masukkan alas: '); readln(a);
textcolor(yellow);writeln('masukkan tinggi: '); readln(t);
hasil1:=a*t*setengah;
writeln('tunggu sebentar.....!!');
delay(500);
textcolor(red+128);writeln('Luas alasnya: ',hasil1:2:3);
textcolor(yellow);writeln('masukkan tinggi prisma: ');readln(tinggi);
hasil2:=hasil1*tinggi;
textcolor(blue+128);writeln('Volume Prismanya = ',hasil2:2:3);
readkey;
end.
mungkin cukup sekian dulu postingan dari saya mohon maaf apabila ada kesalahan karena saya juga baru belajar ^^, semoga dapat membantu kalian semua yang membutuhkan ^^
jangan lupa follow dan berkomentar lah setidaknya ^^