Baca Juga

Kampung Coklat (https://mblitar.net)

Kampung coklat ini berlokasi di Jalan Banteng Blorok 18, Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Jika dari Kota Blitar lokasi dapat ditempuh melalui jalan kota yang menuju kearah kademangan, sampai ketemu jembatan Kademangan belok kiri, lurus sampai ketemu pasar kademangan, masih lurus sampai ketemu perempatan menuju kearah lodoyo (Gunung Betet) kemudian belok kiri. ikuti jalan lurus kurang lebih 3 km. lokasi ada di utara jalan atau sisi kiri jalan, dekat dengan perbatasan Desa Plosorejo dengan Desa Darungan Kademangan.

Begitu memasuki area wisata kampung coklat, anda akan mencium semerbak aroma coklat di sekitar area. Anda akan mendapati area penjemuran coklat di depan tiket masuk. Untuk masuk ke area ini anda diharuskan membayar retribusi untuk pengembangan area wisata sebesar 5 ribu rupiah per orang.

Suasana Kampung Coklat (https://mblitar.net)

Setelah membeli tiket seharga 5 ribu rupiah anda bisa langsung masuk dan langsung mendapatkan suguhan pemandangan kebun coklat yang sudah ditata sedemikian rupa dan terdapat beberapa outlet-outlet yang menyediakan aneka olahan coklat seperti ice coklat, ice cream coklat, hingga mie coklat. Selain itu juga ada pilihan menu makanan yang lain.

Biasanya para pelancong terutama dari Eropa gemar melakukan aksi cicip buah kakao secara langsung. Tidak jarang mereka membelah kakao matang yang baru dipetik dari pohonnya. Dengan gaya tak lazim, mereka mulai mencicipi kakao. Bagi sebagian orang asing, biji coklat yang masih baru memiliki cita rasa yang istimewa.

Pembibitan Coklat (https://mblitar.net)

Wisatawan lokal selalu di dominasi dari luar Blitar, seperti dari Kediri, Madiun, Malang hingga Surabaya. Selain menampilkan buah cokelat, di tempat ini pun juga disediakan cokelat yang sudah jadi dalam bentuk batangan maupun yang sudah diberi tambahan pemanis dari gula.

Produk


Produk yang ditawarkan diantaranya coklat batangan, permen coklat, aneka minuman coklat, hingga kue coklat, dengan merek “Gusant” Hingga saat ini, pemasaran produk-produk makanan olahan dari coklat tersebut, sudah merambah Malaysia dan China. Sementara untuk dalam negeri, memenuhi permintaan dari Surabaya, Bali, Yogyakarta, Jakarta, dan Batam.

Paket Wisata Edukasi

Proses pembuatan produk Coklat (https://www.youtube.com)

Untuk tingkat TK, ia memberikan harga kunjungan atau paket Rp10 ribu per anak, tingkat SD/SMP paketnya Rp20 ribu per anak, paket SMA Rp30 ribu per anak, dan untuk paket wisata umum atau keluarga Rp50 ribu per orang.

Akan diajari tentang budidaya dan olahan tanaman kakao, melihat proses produksi cokelat, cara menghias cokelat, sampai mengenal bisnis coklat. Selain itu, mereka juga mendapatkan fasilitas minuman cokelat, bahkan diperbolehkan membawa pulang cokelat yang sudah mereka hias.

Informasi lebih lanjut hubungi

Peta menuju Kampung Coklat
       
Kampung Coklat 
Jalan Banteng Blorok 18, Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar Jawa Timur
Website: http://kampoengcoklat.blogspot.com
Email: kampoengcoklat@gmail.com
FB: https://www.facebook.com/pages/Kampung-Coklat-Blitar/
518856608214447
Twitter: @KampoengCoklat